tawk

Email : info@nazarettour.co.id | HOTLINE/WA: 08121080870

Sejarah Asal Usul Biara Salib Suci Yesus di Yerusalem

Biara Salib Suci Yesus atau yang dikenal dengan MONASTERY OF THE CROSS adalah salah satu permata Yerusalem yang kurang dikenal, meskipun memiliki hubungan pada salib di mana Yesus disalibkan, banyak orang yang lebih menyukai cerita daripada kenyataan.

 

Penampilan seperti dinding benteng yang ditopang dan jendela yang tinggi mengisyaratkan bahwa lokasi aslinya terletak di Lembah Salib dan terisolasi di luar tembok pelindung kota Yerusalem.

 

Sekarang biara dan tamannya yang berdekatan di Yerusalem Barat dikelilingi oleh Knesset Israel (Parlemen) di sebelah utara, Museum Israel di sebelah barat, daerah Rehavia kelas atas di timur, dan jalan raya empat jalur di selatan dan timur.

Monastery of The Cross, Yerusalem

Monastery of The Cross, Yerusalem

Nama biara itu berasal dari kepercayaan tradisional bahwa kayu salib Yesus berasal dari pohon yang ditanam di sini pada zaman kuno.

 

Banyak yang mengatakan bahwa Lot lah yang menanam pohon itu, tapi versi lain mengatakan Adam.

 

Biara tersebut tampaknya didirikan pada abad ke-5, meskipun tidak ada dua sumber yang menyetujui siapa yang mendirikannya.

 

Beberapa merujuk ke kaisar Constantine, ibunya Santa Helena atau Raja Mirian III dari Georgia.

 

Biara ini pernah dibangun kembali pada abad ke-11 oleh biarawan Georgia Prochorus, dari sisa-sisa struktur sebelumnya yang dihancurkan oleh orang-orang Persia. Diduduki oleh ratusan biarawan, menjadikan Biara Salib pusat agama dan budaya bagi orang-orang Georgia yang tinggal di Yerusalem dan Palestina.

 

Pada tahun 1685, ketika Georgia mengalami kemunduran dan ditundukkan oleh orang Persia dan Ottoman, Biara ini kemudian diambil alih oleh Ortodoks Yunani, merestorasi dan memperbaikinya pada tahun 1960an dan 70an.

 

Monastery of The Cross

Bagian Dalam Biara Salib Suci Yesus di Yerusalem

 

PUISI TERKENAL NEGARA GEORGIA DITULIS DISINI

 

Sebuah surga yang sepi di Yerusalem yang ramai, Biara Salib Suci Yesus tampaknya telah berubah sedikit selama berabad-abad.

 

Kompleks ini berisi sebuah kapel, tempat tinggal bagi para biarawan, beberapa halaman, sebuah museum kecil dengan pameran yang menggambarkan kehidupan dalam biara di masa lalu, ruang makan dan dapur tua, kedai kopi dan toko suvenir.

 

Dalam kapel, terdapat sebuah basilika dengan kubah ditengah, dinding dan pilar dihiasi dengan lukisan dinding dari abad ke-12 dan ke-17. Di sebelah kanan altar terdapat lantai mosaik, yang tersisa dari gereja abad ke-5 yang dihancurkan oleh orang Persia pada tahun 614.

Monastery of The Cross di Yerusalem

Lonceng Biara Salib Suci atau Monastery of The Cross

Salah satu fresko yand didedikasikan kepada penyair nasional Georgia, Shota Rustaveli, yang tinggal di biara pada awal abad ke-13 dan menulis puisi epik The Knight in the Panther’s Skin.

 

Pada tahun 2004 seorang pengunjung misterius menggores patung wajah Rustaveli dan bagian dari prasasti yang ada disekitar ruangan. Berkaca dari kejadian itu, sekarang keamanan di Biara Salib ini lebih ditingkatkan dan diperketat.

 

LUKISAN DINDING YANG MENCERITAKAN TENTANG SALIB SUCI YESUS

 

Di sisi kiri kapel, terdapat sebuah pintu mengarah ke jantung biara.

 

Sebuah lorong sempit dengan penampakan rompi tua dalam lemari kaca mengarah ke sebuah kapel yang gelap. Di bawah altar, sebuah piring melingkar mengelilingi tempat pohon salib Yesus ditanam.

 

Di samping itu ada gudang untuk foto orang-orang yang sedang sakit atau yang membutuhkan pertolongan, banyak peziarah yang berdoa untuk mereka.

 

Banyak fresco-fresco di dinding yang terlihat seperti telah direstorasi menceritakan tentang sejarah Pohon Salib Suci Yesus.

 

Pertama, Abraham diperlihatkan dengan tiga orang tamu (Kej 18: 1-15) yang memberinya tiga orang, cedar, cemara dan pinus. Setelah Sodom dimusnahkan, Abraham memberikan kepada keponakannya Lot.

Biara Salib Suci di Yerusalem

Lukisan yang menggambarkan Lot sedang menyiram 3 Pohon dengan air dari Sungai Yordan

Lot menanam kayu-kayu itu dan menyiramnya dengan air dari Sungai Yordan. Ketiga kayu itu tumbuh menjadi satu pohon.

 

Berabad-abad kemudian pohon itu ditebang dan sebuah baloknya dipakai untuk Salib Suci Yesus.

 

Buka: Apr-Sep, Senin-Sabtu 10:00-17:00; Okt-Mar, Senin-Sabtu 10:00-16:00

 

Alamat: Sh’ota Rustaveli St, Jerusalem

 

Pohon Salib Suci Yesus

Piringan di bawah altar menandakan asal usul Pohon Salib Suci Yesus

Salib Suci Yesus

Kayu dari Pohon yang ditanam disini dipergunakan untuk penyaliban Yesus

Nazaret Tour

Nazaret Tour adalah sebuah perusahaan jasa pariwisata yang melayani paket perjalanan tour Israel (Holyland Tour) dan ziarah Eropa (Lourdes & Vatikan). Didirikan sejak tahun 2009, kami berkomitmen untuk selalu menyediakan fasilitas terbaik untuk para peziarah sehingga ziarah menjadi nyaman dan penuh berkat.