Perayaan Natal di Betlehem, ada Pohon Natal Raksasa!

Nazaret Tour / Holyland  / Perayaan Natal di Betlehem, ada Pohon Natal Raksasa!
natal di betlehem

Perayaan Natal di Betlehem, ada Pohon Natal Raksasa!

Natal ataupun suasana liburan akhir tahun selalu menjadi hal yang menyenangkan dimana tiap negara berhiaskan tema natal dan beragam atraksi maupun festival menyambut Natal dan Tahun Baru. Ribuan wisatawan sudah memliki destinasi tujuannya masing-masing untuk menikmati kemeriahan Natal & Tahun baru. Hal ini serupa dengan bagaimana Bethlehem sebagai kota kelahiran Tuhan Yesus menghias kota mereka untuk menyambut natal.

 

Perayaan Natal di Betlehem (Bethlehem) menjadi moment Alkitabiah. Karena moment Natal amatlah sangat pas sekali bagi kota Bethlehem sebagai tuan rumah untuk menyambut peziarah yang datang untuk mendatangi tempat kota tersebut yaitu Gereja Kelahiran. Selama ini ratusan peziarah selalu memadati alun – alun kota Bethlehem dengan festival istimewa saat malam natal.

 

Natal di Bethlehem

Pemandangan Kota Bethlehem

 

Sebelum Pandemic Covid-19, ribuan peziarah dari seluruh dunia datang untuk berziarah ke Israel dan terlebih ketika moment-moment tertentu salah satunya ketika akhir tahun para wisatawan ingin merasakan sukacita Natal di Bethlehem. Selama pembatasan sosial selama 2 tahun dari 2020 dan 2021, Israel menutup bandara mereka sehingga sangat berdampak bagi perekonomian pariwisata lokal yang ada di Bethlehem.

 

Ketika Maret 2020 Bethlehem menutup kota mereka untuk peziarah maupun turis dari luar. Hal inilah menjadi awal kabar yang menyedihkan bagi dunia, khususnya umat Kristen. Tak lama kemudian Israel menutup perbatasan nya untuk para peziarah. Sehingga semua perjalanan terpaksa ditunda dan peziarah yang sudah berada di dalam Israel pun di beri waktu untuk meninggalkan wilayah Israel. Momen ini menjadi pukulan sangat telak bagi pelaku bisnis ziarah ke wilayah Israel dan sekitarnya.

 

Bukan hanya bagi pelaku usaha di Indonesia, akan tetapi dua tahun menjadi masa yang suram  bagi para pengusaha pariwisata di Bethlehem. Sehingga media lokal Bethlehem mengatakan “Bethlehem Bersiap Untuk Natal Yang Suram”. Hal ini dikatakan karena tiap tahun ribuan peziarah datang merayakan Natal di Betlehem dan warga lokal disana pun menggantungkan perekonomian mereka pada kunjungan peziarah umat Kristen.

 

Tentunya masih sangat jelas di ingatan kita bagaimana ketatnya pembatasan jarak akibat covid 19 pada tahun 2020. Teman-teman kita, sahabat bahkan saudara pun seperti seseorang yang harus kita hindari. Bagi kita sehingga sangat berpengaruh pada kehidupan bersosial secara umum apalagi untuk pengusaha travel, sudah pasti mati suri. Hal ini sangat berpengaruh bagi kondisi ekonomi para pelaku usaha pariwisata apalagi yang kecil.

 

Meski moment Natal di Betlehem masih tergolong ramai pada 2021. Namun menjadi keramaian yang berbeda karena ramai dari penduduk lokal dan umat Kristen yang berada di Israel yang datang untuk merayakan Natal, karena biasanya keramaian tersebut didominasi oleh wisatawan luar negri yang datang berziarah.

 

Natal di Bethlehem

Persiapan Perayaan Natal di Alun-Alun Bethlehem

 

Belum lagi pada 2021 kita teringat dengan gelombang varian Omicron yang sempat memudarkan harapan warga dan pengusaha kota Bethlehem untuk rencana merayakan pesta Natal. Seolah – olah hiasan natal dan gemerlap lampu natal yang mereka siapkan untuk sambutan kepada para peziarah menjadi sia-sia dan hanya menjadi penghibur bagi mereka sendiri.

 

Penerapan vaksinasi booster yang cepat dan angka kasus menurun akirnya sejak bulan Maret 2022. Puji Tuhan Israel telah membuka kembali negara mereka untuk wisatawan dan tentunya menjadi kabar baik bagi para peziarah yang rindu untuk mengunjungi dan beribadah di Israel. Khususnya bagi mereka yang merindukan untuk bisa merayakan Natal di Betlehem.

 

Ditahun ini 2022, dengan normalisasi dan regulasi baru, rasa aman sudah bisa dirasakan bagi pelaku pengusaha pariwisata dan peziarah. Sehingga tentunya untuk tahun ini Kota Bethlehem dengan semangat yang luar biasa dan optimis akan siap kembali untuk menyambut anda dan peziarah diseluruh dunia.

 

Berbicara tentang Natal di Betlehem kota kelahiran Tuhan Yesus tentunya menjadi keindahan dan keistimewaan tersendiri. Warga lokal menyambutnya dengan menghias kota seindah mungkin dengan lampu – lampu gemerlap di setiap rumah dan sudut kota. Tak terlupakan juga hiasan pohon natal indah dengan bintang besar diatas dan tinggi pohon natal 16 meter terpasang di Manger Square untuk menyambut para peziarah dari seluruh dunia. Sungguh indah sekali ketika memanjakan mata disaat malam hari dan menjadi spot foto terbaik.

 

Natal di Bethlehem

Alun-alun Bethlehem

 

Manger Square adalah alun-alun kota Bethlehem. Nama manger square ini diambil dari tempat kelahiran Tuhan Yesus yang berada di Gereja Kelahiran. Selama moment natal, Manger Square merupakan tempat pusat dari perayaan natal di Bethlehem dengan pohon natal raksasa yang terpampang di alun-alun. Secara tradisional warga lokal dan peziarah dari seluruh dunia menyanyikan lagu-lagu natal sebelum misa tengah malam di Gereja Kelahiran.

 

Natal di Bethlehem

Gereja Kelahiran Tuhan Yesus

 

Gereja Kelahiran atau Gereja Nativity adalah gereja yang dibangun atas perintah Kaisar Konstantinus Agung setelah kunjungan dari ibunya Ratu Helena dari Yerusalem dan Bethlehem. Gereja Kelahiran adalah basilika di kota Bethlehem. Di kolong basilika ini terdapat Gua Kelahiran yang diyakini sebagai tempat lahir Tuhan Yesus atau yang disebut dengan Manger Square.

 

Natal di Bethlehem Tour Israel

Gua Kelahiran Tuhan Yesus

Dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka dirumah penginapan. (Lukas 2 :1-7)

 

Namun bukan saja Bethlehem yang meriah akan kerlap kerlip lampu natal. Ketika anda datang dan melihat Yerusalem dan Palestina pun. Mata anda juga dimanjakan dengan keindahan ornament natal dan instrument natal yang bergema di toko-toko dan pusat keramaian lainnya. Hal ini tentunya akan membuat anda melihat bagaimana toleransi yang ada di Israel.

 

Nazaret Tour ingin coba membawa anda untuk membayangkan ketika kemeriahan Natal di Bethlehem dengan warga lokal yang berkostum atribut natal dan berpadu dengan instrument natal yang bergema dan lonceng gereja berbunyi serta perasaan hati untuk menyembah dan sukacita akan menyambut Natal. Apalagi momen sukacita bahagia ini selain anda bagikan melalui sosial media tapi anda rayakan bersama orang terkasih. Woww… it’s amazing and joyful.

 

Adapun rute yang kami tawarkan di moment natal ini menjadi 14 hari, berbeda dari biasanya yang 13 hari. Hal ini dikarenakan adanya Gunung Hermon yang menjadi tempat tambahan. Gunung Hermon terkenal sebagai sumber berkat bagi Israel karena es dari Gunung Hermon yang mencair dan mengalir dan mengisi Danau Galilea sebagai salah satu sumber air bagi bangsa Israel.

 

Seperti apa yang anda bisa cek melalui sosial media Nazaret Tour berupa YouTube, Instagram dan Tiktok kami. Saat ini Israel sangat berdamai dengan Covid sehingga sudah sangat aman bagi peziarah. Mask off dan booster keempat merata kepada warga Israel.

 

Mungkin setelah 2 tahun covid ini anda lalui, dengan moment bersama saat Natal di Bethlehem ini menjadi ucapan syukur anda kepada Tuhan. Kami siap untuk menjadi agent travel holyland terpercaya anda untuk mewujudkan kerinduan anda. jikalau anda berkeinginan silahkan tanya-tanya ke 0811.1010.183 untuk informasi lengkap keberangkatan dan klik disini Paket Natal Nazaret Tour. (Z’Brain)

 

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambing pemerintahan ada di atas bahunya dan Namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

1 Yesaya 9:6

 

Nazaret, Keluarga Holyland Anda 

Zeya Oktavian

STAY SAFE AND HEALTHY!