Asuransi Perjalanan Terbaik di Masa Pandemi Covid

Nazaret Tour / Asuransi Perjalanan  / Asuransi Perjalanan Terbaik di Masa Pandemi Covid
asuransi perjalanan covid

Asuransi Perjalanan Terbaik di Masa Pandemi Covid

Bahkan turis yang telah divaksinasi lengkap mungkin ingin memiliki perlindungan finansial untuk masalah terkait pandemi saat mereka bepergian. Salah satu cara cerdas untuk melakukannya adalah dengan membeli asuransi perjalanan (travel insurance) sebelum terbang.

 

Tidak semua penyedia produk asuransi perjalanan menanggung klaim Covid, jadi jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, Anda pasti ingin mencari travel insurance yang mencakup pembatalan perjalanan dan biaya pengobatan terkait Covid.

 

Sangat mudah untuk mengabaikan nilai asuransi perjalanan sampai Anda membutuhkannya. Dan banyak pelancong memiliki pendapat yang kuat tentang apakah Anda harus membeli asuransi perjalanan atau tidak. Namun, di era pandemi Covid seperti saat ini, hampir seluruh maskapai penerbangan akan meminta anda untuk menunjukkan travel insurance pada saat check-in di bandara. Ini menunjukkan bahwa asuransi perjalanan merupakan hal yang wajib dipunyai sebelum anda bersiap untuk terbang.

 

Tentu saja, di era virus corona, pertanyaan utama adalah apakah penyedia jasa asuransi perjalanan di Indonesia dapat menanggung klaim covid?

Mengapa Anda perlu membeli Asuransi Perjalanan?

Perlindungan pembatalan & perubahan perjalanan

Pengobatan di luar negeri akan ditanggung oleh pihak Asuransi (covid protection)

Santunan kecelakaan diri & cacat tetap akibat perjalanan di luar negeri

Kertelambatan keberangkatan & bagasi

24-hour Emergency Assistance

Saat ini Asuransi perjalanan merupakan syarat wajib check-in di bandara untuk penerbangan Internasional

Beberapa polis akan menanggung Anda jika Anda terdiagnosis COVID-19 dan memiliki bukti sakit dari dokter. Dan beberapa kebijakan bahkan dapat mencakup jenis biaya dan pembatalan terkait pandemi lainnya. Tetapi setiap polis akan memiliki pengecualian dan batasan yang dapat membatasi cakupan. Misalnya, pembatalan perjalanan karena ketakutan pribadi umumnya bukan merupakan alasan yang tercakup untuk dapat meminta klaim atau pertanggungan dan sebagainya.

 

Jadi sebelum membeli asuransi perjalanan tertentu, Anda harus memahami persyaratan lengkap dan pemberitahuan khusus apa pun yang dimiliki perusahaan asuransi tentang jaminan COVID-19. Anda bahkan mungkin ingin membeli add-on untuk pembatalan untuk alasan apapun. Meskipun Anda akan membayar lebih untuk perlindungan semacam itu, ini memungkinkan Anda untuk membatalkan perjalanan karena alasan apa pun dan tetap mendapatkan kembali sebagian biaya perjalanan Anda — meskipun manfaat ini peka terhadap waktu dan memiliki persyaratan kelayakan lainnya, jadi tidak semua pelancong akan memenuhi syarat.

 

Dalam panduan ini, saya akan memperkenalkan beberapa kebijakan dari penyedia asuransi perjalanan terkemuka. Namun, saya tidak dapat memberi tahu Anda polis atau penyedia mana yang terbaik karena itu tergantung pada keinginan dan kebutuhan Anda (dan opsi asuransi yang tersedia) untuk perjalanan tertentu.

ASURANSI PERJALANAN INTERNASIONAL TERBAIK COVER COVID KLAIM

  • AXA Mandiri Travel

  • IDR543.000

    11 - 15 Days
  • asuransi perjalanan

    Type: Gold (mid class)

    Max. Covid Medical Coverage:

    650 juta / pax

    Maximum 85 Tahun

  • Learn More
  • Travel Pro

  • IDR802.000

    10 - 15 Days
  • Produk Travel Insurance dari:

    asuransi perjalanan

    Type: Deluxe (mid class)

    Max. Covid Medical Coverage:

    1,4 Milyar & 2,8 Milyar / pax *

    Maximum 84 Tahun

  • Learn More
  • Assist Card

  • IDR585.000

    Up to 15 Days
  • travel insurance covid

    Type: AC60 (mid class)

    Exclude Covid Add-Ons

    Max. Covid Medical Coverage:

    USD 60 ribu / pax

    Maximum 85 Tahun

  • Learn More
  • BCA Travel Insurance

  • USD33

    11 - 15 Days
  • BCA Travel Insurance

    Type: Eksekutif (mid class)

    Max. Covid Medical Coverage:

    USD 50,000 / pax

    Maximum 65 Tahun

  • Learn More
  • Simas Travel

  • USD41

    11 - 15 Days
  • Produk Travel Insurance dari:

    Asuransi Perjalanan Terbaik

    Type: PLAN E (TOP CLASS)

    Max. Covid Medical Coverage:

    USD 100 ribu / pax *

    Maximum 60 Tahun

  • Learn More
  • Magna Wisata

  • USD28

    11 - 15 Days
  • asuransi perjalanan terbaik

    Premi: Worlwide

    Max. Covid Medical Coverage:

    USD 50 ribu / pax

    Maximum 75 Tahun

  • Learn More

Sekarang, mari kita lihat masing-masing kebijakan penyedia travel insurance secara lebih rinci.

AXA MANDIRI TRAVEL

PT Mandiri AXA General Insurance merupakan bagian dari AXA Group yang berfokus pada asuransi umum, termasuk salah satu produknya adalah travel insurance. Produk Asuransi Perjalanan dihadirkan untuk melindungi calon traveller dari ketidaknyaman selama perjalanan, baik perjalanan internasional maupun domestik. Tersedia 2 (dua) produk AXA Mandiri Travel Insurance yang bisa dipilih oleh traveller, yaitu AXA Mandiri Travel International dan AXA Mandiri Travel Domestik.

 

Produk AXA Mandiri Travel Internasional juga mengcover layanan untuk negara-negara yang tergabung dalam Schengen Area. Namun, ada beberapa negara yang tidak termasuk ke jangkauan perlindungan AXA Mandiri Travel International. Negara-negara yang dikecualikan itu meliputi Crimea/Sevastopol, Kuba, Iran, Korea Utara, Suriah dan Venezuela.

Asuransi Perjalanan Covid

Detail Manfaat

  1. Kecelakaan Diri / Personal Accident sampai dengan Rp2,6 miliar
  2. Biaya Pengobatan, Gigi dan Bantuan Kesehatan Darurat / Medical, Dental & Emergency Medical Assistance hingga Rp2,6 miliar
  3. Pertanggungan biaya pengobatan di Indonesia akibat sakit selama perjalanan Rp16,25 juta
  4. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis sesuai tagihan
  5. Pertanggungan biaya tanggung jawab hukum pribadi hingga dengan Rp1,95 miliar
  6. Kompensasi penundaan perjalanan Rp1,3-6,5 juta
  7. Penggantian biaya uang muka jika perjalanan dibatalkan di luar kuasa tertanggung maksimal Rp65 juta
  8. Kompensasi pengurangan perjalanan hingga dengan Rp65 juta
  9. Kompensasi pembajakan penerbangan hingga Rp13 juta
  10. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi hingga Rp32,5 juta
  11. Kompensasi penundaan bagasi di atas 6 jam hingga dengan Rp6,5 juta

Perlu dicatat bahwa pertanggungan klaim karena Covid sudah  termasuk pada detail manfaat pada poin nomor 2.

Cara Klaim Asuransi AXA Mandiri Travel Insurance

Berikut langkah-langkah mengajukan klaim AXA Mandiri Travel Insurance secara online:

  • Unduh formulir klaim pada situs AXA Mandiri di www.axa-mandiri.co.id
  • Kemudian, isi formulir dengan lengkap
  • Kirimkan formulir yang telah diisi ke customer.general@axa-mandiri.co.id
  • Pihak asuransi akan segera mengabarkan kelanjutan proses klaim dan biasanya meminta nasabah mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Perhatikan batasan-batasan waktu yang tertera dalam polis yang terkait dengan klaim.

TRAVEL PRO by ALLIANZ

Allianz merupakan salah satu penyedia asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia. Bersama nasabah dan mitra penjualan, Allianz merupakan salah satu komunitas keuangan terkuat di dunia dengan operasi yang tersebar di 70 negara dan didukung oleh 142.000 karyawan yang melayani lebih dari 92 juta nasabah perorangan dan korporasi.

 

Seluruh traveller yang menetap dan bekerja di Indonesia dapat membeli produk TravelPro, dengan batasan usia:

  • Anak-anak usia 14 hari – 17 tahun (sebelum usia 18 tahun).
  • Dewasa usia 18 tahun – 69 tahun (sebelum usia 70 tahun).
  • Usia lanjut usia 70 tahun – 84 tahun (sebelum usia 85 tahun).

Detail Manfaat (dalam IDR)

  1. Pembatalan dan Perubahan Perjalanan (Sebelum keberangkatan dari tempat tinggal Anda untuk memulai perjalanan Anda) hingga 70 Juta.
  2. Biaya Medis di Luar Negeri mulai dari 350 juta hingga tidak terbatas (tergantung premi dan umur tertanggung).
  3. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis darurat sesuai tagihan.
  4. Biaya Perawatan Gigi di Luar Negeri yang darurat (termasuk dalam poin ke-2).
  5. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi hingga Rp35 juta.
  6. Kompensasi penundaan bagasi per 4 jam hingga dengan Rp 7 juta.
  7. Kehilangan dokumen perjalanan hingga 25 juta.
  8. Kematian akibat kecelakaan dan cacat tetap hingga 1,4 milyar.
  9. Biaya Pengobatan lanjutan – di Indonesia maksimal 21 juta.
  10. Kepulangan Lebih awal hingga 70 juta.
  11. Kehilangan Transportasi Lanjutan (Hanya berlaku untuk penerbangan lanjutan dengan maskapai yang berbeda dan jarak antara penerbangan lanjutan minimal 6 jam) hingga 15 juta.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Travel Pro

Siapkan dokumen wajib yang diperlukan untuk proses klaim:

  • Formulir Klaim
  • Boarding Pass (asli)
  • Fotokopi tiket itinerary seluruh perjalanan yang telah dipesan sebelum perjalanan (dari Indonesia
    sampai kembali ke Indonesia).
  • Dokumen klaim lainnya sesuai dengan manfaat yang akan diklaim
  • Pihak asuransi mungkin memerlukan bukti lain untuk mendukung Klaim Anda tergantung pada keadaan,
    dalam hal ini mereka akan menghubungi Anda atau Anda juga dapat mengacu kepada Polis yang
    dapat diunduh dari website Allianz.

Setelah itu kunjungi situs Travel Pro Klaim untuk pengajuan klaim.

 

Email : travelclaim@allianz.co.id
AllianzCare : 1500 136 (dari Indonesia) | +65 6535 5833 (dari luar negeri)

 

ASSIST CARD

Didirikan di Swiss pada tahun 1972, ASSIST CARD adalah organisasi global kelas satu yang didedikasikan secara eksklusif untuk memberikan bantuan komprehensif kepada para traveller 24 jam sehari, 365 hari setahun.

 

Detail Manfaat

  1. Bantuan medis akibat kecelakaan sampai dengan USD 250 ribu
  2. Medical Assistance untuk penyakit yang belum ada sebelumnya pada saat perjalanan (termasuk covid-19) hingga USD 250 ribu
  3. Pertanggungan biaya pengobatan di Indonesia akibat sakit selama perjalanan hingga USD 2500
  4. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis hingga USD 100 ribu
  5. Bantuan hukum apabila bertanggung jawab atas sebuah kecelakaan sampai dengan USD 10 ribu
  6. Kompensasi keterlambatan atau pembatalan penerbangan sampai dengan USD 400
  7. Jaminan pembatalan perjalanan karena major force maksimal USD 1000
  8. Santunan kematian akibat kecelakaan di transportasi umum sampai dengan USD 100 ribu
  9. Kehilangan barang pribadi maximal sampai USD 300
  10. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi hingga USD 1200 / USD 40 PER KG
  11. Kompensasi penundaan bagasi di atas 6 jam hingga dengan USD 500

Maksimal jaminan tergantung dari jenis polis dan premi yang dibayarkan oleh traveller. Nilai jaminan diatas berdasarkan premi untuk jenis polis AC250. Premi khusus untuk traveller diatas usia 70 tahun.

Cara Klaim Assist Card Travel Insurance 

Prosedur klaim Assist Card pada dasarnya hampir sama dengan asuransi perjalanan yang lainnya, anda perlu untuk menyiapkan:

  • Formulir Klaim
  • Boarding Pass (asli)
  • Fotokopi tiket itinerary seluruh perjalanan yang telah dipesan sebelum perjalanan (dari Indonesia
    sampai kembali ke Indonesia).
  • Dokumen klaim lainnya sesuai dengan manfaat yang akan diklaim.

Untuk informasi klaim lebih lanjut anda dapat menghubungi kantor perwakilan Assist Card Indonesia di (021) 5085 8744

BCA TRAVEL INSURANCE

PT Asuransi Umum BCA (“BCAinsurance”) adalah Perusahaan atau Perseroan yang bergerak di bidang Asuransi Umum di Indonesia yang sebelumnya bernama PT Central Sejahtera Insurance. BCA Insurance telah berdiri sejak tahun 1988 silam.

 

Perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki PT Bank Central Asia ini menawarkan produk asuransi umum khusus personal dan komersial.

 

Produk-produk dari BCA Insurance meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, hingga asuransi perjalanan.

 

Detail Manfaat (Paket Executive)

  1. Kecelakaan diri yang menyebabkan cacat hingga kematian maksimal USD 50 ribu
  2. Biaya pengobatan darurat hingga USD 50 ribu
  3. Santunan Tunai Rumah Sakit – Kecelakaan dan Sakit USD 30 / hari, max. USD 600
  4. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis dijamin sesuai tagihan
  5. Keterlambatan Perjalanan (Travel Delay) mulai USD 50 / 6 jam Max. USD 350 (Min. 6 jam)
  6. Pembatalan Perjalanan (Travel Cancellation) maksimal USD 2000
  7. Kehilangan barang pribadi maximal sampai USD 750
  8. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi hingga USD 750
  9. Kompensasi penundaan bagasi per 6 jam hingga dengan USD 200
  10. Tanggung jawab pribadi dijamin hingga USD 25 ribu
  11. Pengurangan Perjalanan (Travel Curtailment) maksimal hingga USD 2000

Detail manfaat sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, biasakan selalu memeriksa polis dan manfaat sebelum membeli asuransi perjalanan.

Cara Klaim BCA Travel Insurance 

Prosedur klaim BCA Travel Insurance pada dasarnya hampir sama dengan asuransi perjalanan yang lainnya, anda perlu untuk menyiapkan:

  • Formulir Klaim
  • Boarding Pass (asli)
  • Fotokopi tiket itinerary seluruh perjalanan yang telah dipesan sebelum perjalanan (dari Indonesia
    sampai kembali ke Indonesia).
  • Dokumen klaim lainnya sesuai dengan manfaat yang akan diklaim.

Untuk informasi klaim lebih lanjut anda dapat menghubungi:

Telepon ke 021 – 29279680

 

Pengiriman Dokumen Klaim:

  • ops-jakarta@aa-international.co.id (Softcopy)
  • PT. AAI INDONESIA
    TIFA Building 10th Floor, Room 1003
    JI. Kuningan Barat 1 No. 26
    Mampang Prapatan, Jakarta 12170 (Hardcopy)

Anda tidak akan dijamin apabila anda mengunjungi negara-negara yang dilarang berikut ini:

Afghanistan, Belarus, Irak, Iran, Korea Utara, Kuba, Lebanon, Liberia, Republik Demokratis Kongo, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Suriah, Zimbabwe

 

ASURANSI PERJALANAN SIMAS TRAVEL

Asuransi simas travel adalah produk asuransi perjalanan yang memberikan jaminan 24 jam sehari selama Tertanggung berada dalam perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata di dalam maupun di luar negeri.

 

Kini asuransi simas travel telah dilengkapi dengan perluasan jaminan Covid-19.

 

Asuransi simas travel terdiri dari 3 jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yaitu: Simas Travel Overseas, Simas Travel Domestic, dan Simas Mudik.

 

Dibawah ini adalah detail manfaat dari Simas Travel Overseas (Internasional):

Detail Manfaat (PLAN E)

  1. Meninggal akibat kecelakaan dan cacat tetap total maksimal USD 100 ribu
  2. Biaya pengobatan karena sakit dan kecelakaan hingga USD 100 ribu
  3. Santunan Tunai Rumah Sakit – Kecelakaan dan Sakit max. USD 1500
  4. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis dijamin sesuai tagihan
  5. Keterlambatan Perjalanan (Travel Delay) Max. USD 500
  6. Pembatalan Perjalanan (Travel Cancellation) maksimal USD 2000
  7. Kehilangan barang pribadi maximal sampai USD 2500
  8. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi hingga USD 2500
  9. Kompensasi keterlambatan bagasi hingga dengan USD 500
  10. Tanggung jawab hukum pada pihak ketiga dijamin hingga USD 100 ribu
  11. Pengurangan Perjalanan (Travel Curtailment) maksimal hingga USD 300

Detail manfaat sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, biasakan selalu memeriksa polis dan manfaat sebelum membeli asuransi perjalanan.

Cara Klaim SImas Travel Insurance

Pemberitahuan klaim harus diberikan kepada Penanggung dalam waktu 3 x 24 jam dengan Tertanggung mengisi form klaim FLY Protection serta melampirkan surat keterangan/dokumen-dokumen penunjang lain yang diperlukan. Form Klaim yang telah diisi lengkap dan ditandatangani Tertanggung disertai dokumen penunjang dikirimkan ke Simas Insurtech di:

 

Simas Insurtech Building lantai 5. Jl. KH. Fachrudin No.19, Jakarta Pusat 10250

atau email ke info@simasinsurtech.com

 

Dokumen-dokumen yang harus diserahkan saat pengajuan klaim antara lain :

 

Untuk Semua Klaim :

  • Form Klaim (asli)
  • Polis Asuransi (asli/copy)
  • Identitas Diri (copy)

Untuk Klaim Keterlambatan Penerbangan :

  • Passport yang dilengkapi cap keberangkatan dan kedatangan dari Negara tujuan. (copy)
  • Tiket penerbangan (asli/copy).
  • Boarding Pass (asli/copy).
  • Surat Pernyataan mengenai kronologis kejadian dari Tertanggung (asli)
  • Pernyataan tertulis dari Petugas berwenang di maskapai mengenai keterlambatan penerbangan (asli).
  • Dokumen lain yang diperlukan oleh Penanggung.

Untuk Klaim Kecelakaan Diri :

  • Tagihan Dokter/Rumah Sakit beserta resep (asli).
  • Laporan medis secara lengkap untuk kecelakaan. (asli)
  • Pernyataan tertulis dari polis local yang bertugas (asli).
  • Surat Kematian Tertanggung (copy).
  • KTP/KIMS/KITAS Ahli Waris (copy)
  • Foto penguburan Tertanggung.
  • Visum et Repertum / Laporan resmi dari Dokter (asli).
  • Dokumen lain yang diperlukan oleh Penanggung.

Validasi Dokumen klaim maksimum adalah 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal kejadian atau sejak Tertanggung kembali ke Indonesia. Pembayaran klaim dilakukan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak dokumen lengkap diterima Asuransi Simas Insurtech.

MAGna TRAVEL INSURANCE

PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk. (Asuransi MAG) didirikan pada 14 November 1980, yang bergerak di bidang asuransi umum. Pada Oktober 2016, Fairfax Financial Holdings Limited melalui anak perusahaannya, yaitu Fairfax Asia Limited yang telah mengakuisisi 80% entitas bisnis Asuransi MAG.

 

Fairfax Asia Limited merupakan induk perusahaan untuk anak perusahaan yang beroperasi di wilayah Asia, yaitu Indonesia, India, Malaysia, China, Singapura, Hong Kong, Thailand, Sri Lanka, dan Vietnam. Pendapatan premi bruto Fairfax Asia Limited mencapai lebih dari US$400 juta pada tahun 2019 menjadikan Fairfax Asia Limited salah satu pemain asuransi umum terbesar di wilayah Asia.

 

Detail Manfaat (Plan Worldwide)

  1. Kecelakaan diri yang menyebabkan kematian maksimal USD 100 ribu
  2. Biaya perawatan medis karena sakit dan kecelakaan hingga USD 100 ribu
  3. Santunan Tunai Rumah Sakit – Kecelakaan dan Sakit max. USD 1500
  4. Pertanggungan biaya pemulangan jenazah dan repatriasi medis dijamin sesuai tagihan
  5. Keterlambatan Perjalanan (Travel Delay) hingga USD 500
  6. Pembatalan Perjalanan (Travel Cancellation) maksimal USD 2000
  7. Kehilangan barang pribadi maximal sampai USD 2500
  8. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi hingga USD 2500
  9. Kompensasi penundaan bagasi hingga dengan USD 500
  10. Perawatan lanjutan setelah tiba di Indonesia maksimal USD 2500
  11. Pengurangan Perjalanan (Travel Curtailment) maksimal hingga USD 3000

Detail manfaat sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, biasakan selalu memeriksa polis dan manfaat sebelum membeli asuransi perjalanan.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Magna Wisata

Dokumen-dokumen yang harus diserahkan saat pengajuan klaim antara lain:

Untuk Semua Klaim :

  • Form Klaim (asli)
  • Polis Asuransi (asli/copy)
  • Identitas Diri (copy)

Untuk informasi klaim lebih lanjut anda dapat menghubungi:

 

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

STAY SAFE AND HEALTHY!