Bukit Sabda Bahagia di Galilea – Israel

Nazaret Tour / Holyland  / Bukit Sabda Bahagia di Galilea – Israel
Bukit Sabda Bahagia

Bukit Sabda Bahagia di Galilea – Israel

Matahari tampak ceria, menyinari pohon-pohon cemara dan taman-taman di Bukit Beatitudes, tidak menunjukkan tanda-tanda kurang nyaman di sekitar. Tidak sadar, gelombang arus peziarah dan turis yang mengalir melalui pintu masuk, melewati kafe makanan ringan dan sepanjang jalan beraspal menuju Gereja Beatitudes.

 

Situs yang dikenal sebagai Bukit Sabda Bahagia berada di pantai barat laut Danau Galilea, Israel, antara Kapernaum dan situs arkeologi Genesaret (Ginosar), di lereng selatan Dataran Tinggi Korazim. Ketinggiannya yang negatif (sekitar 25 meter di bawah permukaan laut, hampir 200 meter di atas Danau Galilea) menjadikannya salah satu puncak terendah di dunia. Situs ini sangat dekat dengan Tabgha dan juga dikenal sebagai Gunung Eremos, telah dikenal selama lebih dari 1600 tahun.

 

Menurut Perjanjian Baru, Bukit Sabda Bahagia adalah tempat Yesus Kristus menyampaikan “Khotbah di Bukit”, yang mencakup prinsip-prinsip ajaran-Nya. Bukit itu juga merupakan daerah di mana kedua belas murid dipilih oleh Yesus.

 

Gereja Sabda Bahagia

Pemandangan Gereja Sabda Bahagia apabila dilihat dari samping

 

Lokasi Khotbah di Bukit yang sebenarnya tidak pasti, tetapi situs yang sekarang (juga dikenal sebagai Gunung Eremos) telah diperingati selama lebih dari 1600 tahun. Peziarah Kristen diketahui telah memperingati lokasi ini setidaknya sejak abad ke-4. Dalam rencana perjalanannya di Holyland, setelah menemukan Gereja 5 Roti dan 2 Ikan atau Tabgha, peziarah Egeria (kira-kira 381 M) menuliskan, “Di dekat sana di sebuah gunung terdapat gua tempat Juruselamat mendaki dan mengucapkan Sabda Bahagia.”

 

Gereja Sabda Bahagia adalah bangunan segi delapan nan megah yang dirancang menyatu dengan lereng di sekitarnya. Dibangun pada tahun 1938 menurut rancangan arsitek Italia, Antonio Barluzzi, dan sebagian dibiayai oleh Benito Mussolini. Kedelapan sisi gereja mewakili delapan ucapan bahagia – delapan berkat yang disampaikan oleh Yesus Kristus dalam Khotbah di Bukit. Altar tengah terbuat dari batu pualam dan onyx dan dikelilingi oleh tujuh kebajikan (kemurnian, kesederhanaan, kasih, kerajinan, kesabaran, kebaikan hati, dan kerendahan hati) yang digambarkan di lantai mozaik. Taman yang tertata rapi di depan gereja memiliki tiga altar tambahan untuk ibadah kelompok. Pintu masuk gereja menyajikan pemandangan dua pallium (jubah putih) asli berharga yang disumbangkan oleh para paus yang pernah berkunjung.

 

Khotbah di Bukit

Gambaran ketika Yesus Kristus melakukan Khotbah di Bukit Sabda Bahagia

 

Di puncak Bukit Sabda Bahagia terdapat sebuah pusat Kristen bernama Domus Galileae (Rumah Galilea), yang dibuka pada tahun 2000 untuk pertemuan, studi, dan retret. Pusat dan biara yang berdekatan milik Jalan Neo-Catechumenal, sebuah gerakan Katolik untuk reformasi Kristen. Perpustakaan pusat didedikasikan untuk buku-buku tentang Khotbah di Bukit dan sebuah kapel yang memiliki lukisan besar oleh Argüello yang memberi penghormatan kepada akar Yahudi gereja.

 

Tujuan dari pusat ini didirikan adalah untuk mempelajari tradisi Israel sebagai sumber Kekristenan dan ritualnya, dengan tujuan untuk memperdalam hubungan antara Kekristenan dan Yudaisme, serta mempelajari Khotbah di Bukit dalam terang tradisi dan liturgi Yahudi. Dengan kata lain, mengikuti jejak orang-orang kudus Kristen mula-mula “yang kembali ke akar bahasa Ibrani mereka untuk memahami arti doa, pesta, dan liturgi Ibrani”.

 

Matius 5:2-12
Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: 2
Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 3
Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. 4
Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. 5
Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. 6
Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. 7
Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. 8
Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. 9
Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 10
Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. 11
Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu. 12

 

Di dekat Gereja Beatitudes, ada juga asrama biarawati Fransiskan, sebuah taman, dan pertanian milik Misi Italia di Israel. Di atas gunung, di Bukit Tarshon, yang menjulang setinggi 142 meter, terdapat Pusat Internasional Domos Galilee. Gereja ini dibangun antara tahun 1936 dan 1938 oleh arsitek kebangsaan Italia. Baik Paus Paulus VI dan Yohanes Paulus II pernah merayakan Misa di gereja ini selama kunjungan pastoral mereka ke Holyland (masing-masing pada tahun 1964 dan 2000).

 

Beatitudes

Peziarah dari Nazaret Tour sedang mendengarkan penjelasan mengenai Gereja Beatitudes

 

Gereja Sabda Bahagia di Bukit Beatitudes ini dikelilingi oleh taman yang indah. Di sepanjang jalan menuju gereja terdapat ayat-ayat yang diambil dari Khotbah di Bukit. Barluzzi mencoba bercerita dengan gereja yang dia desain dan di sini dia membangun gereja segi delapan. Biasanya fokus gereja segi delapan adalah situs di tengah, tetapi dalam hal ini delapan sisi mencerminkan delapan ayat. Ada jendela panorama setinggi mata untuk menekankan semangat pengajaran dan bukan bangunan itu sendiri. Di lantai gereja Anda akan melihat daftar tujuh kebajikan yang tertulis rapi. Pada sisi ke-8, di depan pintu masuk, dahulu terdapat prasasti yang didedikasikan untuk Benito Mussolini, diktator fasis Italia, yang menyatakan bahwa gereja dibangun pada tahun ke-15 tahun pemerintahannya. Alasannya adalah pemerintah Italia membantu membiayai situs tersebut. Pada tahun 1970 prasasti diubah menjadi ‘Lavs Tibi Christe’ – yang artinya ‘Kami memujamu Kristus’.

Jam Buka Bukit Sabda Bahagia

Gereja Mount of Beatitudes buka setiap hari antara pukul 08:00-11:45 dan 14:00-16:45.

Selama Kamis Putih dan 31 Desember, situs ini hanya buka di pagi hari.

Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah, Hari Natal, 1 Januari – tutup.

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

STAY SAFE AND HEALTHY!

× Whatsapp Us