tawk

Email : info@nazarettour.co.id | HOTLINE/WA: 08121080870

Cara Apply visa Israel

Tata Cara Apply Visa Israel Untuk Warga Indonesia

Jika kita mendengar kata ISRAEL, mungkin yang ada dibenak kita adalah Israel adalah Negara yang sedang dilanda konflik berkepanjangan. Jika kita tengok diberbagai media internasional, memang sering diberitakan disana bahwa di Israel sering terjadi pertikaian. OK kita semua tahu itu! Dalam artikel ini, mari kita kesampingkan masalah politik yang terjadi disana.

 

Israel adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat.

 

Faktanya, Israel menyimpan banyak pemandangan dan wisata alam yang luar biasa indah. Seperti Laut Mati salah satunya, dimana kita dapat merasakan bagaimana rasanya berkunjung di titik paling rendah di muka bumi dan masih banyak lagi wisata alam yang kita dapat jumpai disana.

 

Selain terkenal dengan indahnya wisata alamnya, Israel juga merupakan destinasi wisata rohani yang paling ramai dikunjungi setelah Arab Saudi oleh tiga pemeluk agama terbesar di dunia, yaitu Kristen, Yahudi, dan Muslim. Kok bisa? Bagi umat Muslim di dunia, Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci kedua setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, bagi umat Kristiani, Israel adalah tempat dimana Yesus pernah hidup, berkarya, wafat, dan dimakamkan. Sedangkan untuk umat Yahudi, Yerusalem merupakan kota paling suci karena disana terdapat Tembok Ratapan.

 

Ok, jadi apakah Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke Negara Israel dengan gaya backpacker? Apa yang kita butuhkan untuk dapat masuk ke Israel? VISA!

 

Bagi Anda seorang backpacker yang selalu mengurus perjalanan visa dan tiket tanpa menggunakan travel agent pastinya Anda akan senang mendengar berita ini. Betapa tidak warga negara Singapore dan Filipina saja free visa masuk negara yang konon security bandaranya paling ketat sedunia. Mengapa Indonesia tidak bisa masuk secara bebas? Nah tuh pinter bisa jawab sendiri…karena Tanah Air kita ini tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel. But, don’t worry! Ada 1000 jalan menuju Roma.

cara apply visa israel

Contoh B/2 Visa yang dikeluarkan oleh Otoritas Israel

Berikut ini adalah cara-cara mendapatkan atau APPLY VISA ISRAEL:

 

1. Jika Anda adalah backpacker mania, maka salah satu caranya adalah APPLY VISA ISRAEL di SINGAPORE!

 

Syarat-syaratnya:

  • Surat Sponsor atau Invitation letter dari perusahaan/travel agent lokal yang bertanggung jawab di Israel (tanpa ada surat sponsor jangan berharap Visa Anda diproses)
  • Download dan isilah Form 1 dan Form 2
  • Surat Keterangan Berkunjung/Kerja dari perusahaan/travel agen lokal
  • Fotokopi 3 Bulan Rekening Bank
  • Passport asli dan fotokopinya
  • 2 Pas photo terbaru dengan ukuran 5×5, backgound putih
  • Travel itinerary/ Rincian perjalanan
  • Bukti Pemesanan hotel dan tiket pesawat (Usahakan yang kedua ini free cancellation in case visa Anda ditolak)
  • Pembayarannya hanya melalui: VISA/ MASTERCARD (Kalau tidak punya CC, bawa saja uang tunai US$ 25)
  • PROSES PENGAJUAN VISA TIDAK DAPAT DIWAKILKAN!!!

 

NB: Harap dicatat bahwa permohonan visa tidak akan diproses kecuali semua formulir dan dokumen lengkap seperti yang dipersyaratkan (ditetapkan di atas). Permohonan harus diisi dan diserahkan setidaknya SATU BULAN sebelumnya! Passport asli tidak akan ditahan oleh pihak kedutaan.

 

  • Alamat: Embassy of Israel, 24 Stevens Close Singapore 257964
  • Jam operasional Consular Service: Senin – Kamis, 09:00AM – 12:30PM.
  • According to Jewish religious law, Jum’at sore adalah hari libur bagi orang Yahudi (Shabbath), tapi menurut informasi di website mereka, applicants tetap bisa datang dengan membuat appointment terlebih dahulu.
  • Sebelum datang ke Embassy cek dulu Jewish & Singapore Public Holiday yang tersedia di website atau jika Anda ragu dapat email mereka untuk bertanya-tanya seputar pengurusan visa di consular@singapore.mfa.gov.il

 

Petunjuk keamanan bagi mereka yang ingin memperoleh Pelayanan Konsuler di Kedutaan Besar Singapore:
1. Tolong bawa ID Foto.
2. Anda akan diminta untuk menjalani pemeriksaan keamanan.
3. Tidak ada barang pribadi yang diizinkan masuk ke loket. (Termasuk tas tangan, HP, dan perangkat elektronik lainnya).
4. Jangan bawa tas tangan atau koper besar ke loket visa.
5. Jangan membawa botol makanan dan / atau minuman atau wadah.
6. Petunjuk keamanan di kedutaan berlaku untuk orang-orang di ruang tunggu konsuler. (Petunjuk dari petugas keamanan harus dipatuhi sepanjang waktu)

 

Cara mendapatkan visa Israel diatas ini sebenarnya tergolong sedikit berat karena kita diharuskan datang dua kali yaitu pada saat penyerahan berkas dan pengambilan visa. Disamping itu kita diharuskan mempunyai surat sponsor. Gagal maning gagal maning…wkwk. OH TIDAK!! Ada cara yang kedua.

 

2. CARA TIDAK MAU REPOT! APPLY VISA ISRAEL MELALUI TRAVEL AGENT di INDONESIA (Contohnya ya Nazaret Tour ini gan :D)

 

Syarat-syaratnya:

  1. Minimal ada 5 orang
  2. Harus mengambil Ground Tour dari pihak travel agent.
  3. Scan Passport halaman depan
  4. Mengisi Formulir yang disediakan oleh Nazaret Tour.
  5. Pengajuan visa tidak boleh kurang dari 35 hari sebelum keberangkatan! Kurang dari itu, sudah dapat dipastikan visa Anda akan ditolak mentah-mentah oleh Pihak Kedutaan Israel.

 

CATATAN PENTING: Untuk permintaan itinerary selama di Israel tergantung dari Anda, pihak travel agent akan menyesuaikan dengan permintaan Anda. 

 

Jika Anda tidak menyukai cara nomor 2, maka cara nomor 3 adalah dengan apply Visa Israel dengan bantuan travel agent di Yordania. Tapi mereka pun kebanyakan tidak mau hanya sebatas pengurusan Visa Israel saja, tapi Anda wajib mengambil salah satu paket tour dari mereka. Anda dapat mengambil paket transfer dari Amman menuju ke Yerusalem + pengurusan Visa Israel yang biayanya bervariatif.

 

Menurut penulis artikel ini yang telah belasan kali keluar masuk Negara Israel, cara nomor 2 adalah cara mendapatkan visa Israel dengan aman dan mudah. Kenapa kita katakan aman? Visa yang keluar dari kedutaan Israel di Singapore itu bukan jaminan bahwa 100% Anda dapat masuk ke Negara Israel. Sewaktu di perbatasan, petugas imigrasi Israel dapat menolak Anda untuk masuk ke Israel dengan berbagai alasan. Cara nomor 1 juga tergolong aman meskipun banyak birokrasinya. Akan tetapi, cara nomor 1 akan terasa lebih mudah jika Anda memang bekerja di Israel atau mempunyai saudara/famili/kerabat yang bersedia memberikan sponsor bagi Anda.

 

apply visa israel

SUPPORT ISRAEL TOURISM

 

 

Nazaret Tour

Nazaret Tour adalah sebuah perusahaan jasa pariwisata yang melayani paket perjalanan tour Israel (Holyland Tour) dan ziarah Eropa (Lourdes & Vatikan). Didirikan sejak tahun 2009, kami berkomitmen untuk selalu menyediakan fasilitas terbaik untuk para peziarah sehingga ziarah menjadi nyaman dan penuh berkat.

Leave a Reply