Fatima, Situs Ziarah Katolik yang terkenal di Portugal

Nazaret Tour / Eropa  / Fatima, Situs Ziarah Katolik yang terkenal di Portugal
Kota Fatima Portugal

Fatima, Situs Ziarah Katolik yang terkenal di Portugal

Fatima, sebuah desa dan sanctuary, Portugal tengah. Terletak di dataran tinggi Cova da Iria, 29 km tenggara Leiria.

 

Nama Fatima diambil dari seorang putri Moor abad ke-12, dan sejak 1917 telah menjadi salah satu tempat ziarah Bunda Maria yang paling banyak dikunjungi di dunia. Nama kota Fatima dan paroki adalah terjemahan dari nama Arab yang diberikan Fatima ( فاطمة Fāṭimah ). Menurut catatan tradisional, Fatima dikatakan sebagai nama seorang putri Moor yang diculik oleh seorang kesatria, Gonçalo Hermigues, dan rekan-rekannya. Hermigues membawanya ke sebuah desa kecil di perbukitan Serra de Aire, di Kerajaan Portugal yang baru didirikan. Fatima jatuh cinta dengan penculiknya dan memutuskan untuk masuk Kristen untuk menikah dengannya. Dia dibaptis dan diberi nama Kristen “Oriana “. Namun, nama tempat itu mengingatkan pada nama Arab asli sang putri daripada nama Kristennya.

Fatima Portugal

Interior Kapel Penampakan Bunda Rosario di Fatima, Portugal

Pada tanggal 13 Mei 1917, tiga anak petani muda, Lucia dos Santos dan sepupunya Francisco dan Jacinta Marto, saat menjaga domba keluarga mereka di Cova da Iria, anak-anak pertama kali mengaku melihat penampakan “wanita berpakaian putih” dan bersinar dengan cahaya terang. Ketiga anak penggembala itu lahir di Aljustrel, sebuah dusun kecil sekitar 1 kilometer dari Fátima.

 

Pada tanggal 13 Oktober, kerumunan yang diperkirakan berjumlah 70 ribu orang berkumpul di Fatima menyaksikan “fenomena matahari yang ajaib” segera setelah wanita itu menampakkan diri kepada anak-anak. Setelah adanya penentangan pada awalnya, uskup Leiria pada tanggal 13 Oktober 1930 menerima penglihatan anak-anak sebagai penampakan Perawan Bunda Maria; pada tahun yang sama, indulgensi kepausan diberikan kepada para peziarah. Isi dari devosi ini meliputi seringnya mendaraskan rosario dan devosi kepada Hati Tak Bernoda Perawan Maria Yang Terberkati.

Rumah Lucia di Fatima

Rumah ini adalah tempat dimana Lucia dibesarkan

Ziarah nasional pertama ke Fatima berlangsung pada tahun 1927, dan Basilika mulai dibangun pada tahun 1928 dan ditahbiskan pada tahun 1953. Dengan menara setinggi 65 meter, di atasnya terdapat mahkota perunggu besar dan salib kristal, diapit oleh rumah sakit dan rumah-rumah retret dan menghadap ke alun-alun luas di mana terdapat Kapel Penampakan. Banyak mukjizat kesembuhan yang telah dilaporkan kepada para peziarah di Fatima. Pada peringatan 50 tahun penampakan pertama, tanggal 13 Mei 1967, kerumunan peziarah, diperkirakan berjumlah satu juta, berkumpul di Fatima untuk mendengarkan Paus Paulus VI mengucapkan misa dan berdoa untuk perdamaian.

 

Pada akhir abad ke-20, berkembang spekulasi mengenai tiga pesan yang dikatakan Perawan Maria telah diwahyukan kepada anak-anak petani pada tahun 1917. Padahal dua dari pesan tersebut telah diungkapkan pada tahun 1940-an—umumnya ditafsirkan sebagai prediksi dari akhir Perang Dunia I dan awal Perang Dunia II serta kebangkitan dan kejatuhan komunisme—yang ketiga telah dirahasiakan oleh Vatikan, memunculkan banyak teori. Pada Mei 2000 akhirnya diumumkan bahwa pesan ketiga adalah penglihatan Perawan Maria tentang upaya pembunuhan tahun 1981 terhadap Paus Yohanes Paulus II. Kabar itu muncul saat upacara beatifikasi Francisco dan Jacinta Marto. Pop. (2001) 7.756; (Estimasi 2011) 7.710.

Basilika Bunda Rosario Fatima

Basilika Bunda Rosario Fatima adalah sebuah basilika yang menyatukan Tempat Suci Fatima, terletak di Cova da Iria, di Fatima, di kotamadya Ourém, di Portugal .

 

Basilika Rosario mulai dibangun pada tahun 1928 , dengan gaya neo-barok yang diarsiteki oleh seorang Belanda yang bernama Gerardus Samuel van Krieken. Basilika ini berdiri di tempat para Gembala Kecil yang sedang bermain membuat dinding batu kecil ketika mereka melihat kilatan cahaya yang membuat mereka mengira itu adalah badai petir, pada tanggal 13 Mei 1917. Peletakan batu pertama diberkati oleh Uskup Agung Evora, D.Manuel da Conceição Santos pada tahun 1928 dan konsekrasinya dilakukan pada tanggal 07 Oktober 1953. Pada tahun 1954, basilika ini diberikan gelar Basilika Minor oleh Paus Pius XII.

Ziarah Fatima Katolik

Group Ziarah Nazaret tour sedang berfoto dengan latar Basilika Bunda Rosario Fatima

Bangunan yang berukuran panjang 70,5 meter dan lebar 37 meter ini seluruhnya dibangun dengan batu dari daerah (tempat Moimento) dan altarnya terbuat dari marmer dari Estremoz, Pero Pinheiro dan Fatima. Menara lonceng setinggi 65 m, diatapi mahkota perunggu seberat 7000 kg, dibangun di pengecoran di Bolhão, Porto, diletakkan juga sebuah salib dibagian atas lonceng yang menyala pada malam hari.

 

Pada tanggal 13 Mei 1958, sebuah patung besar Hati Maria Tak Bernoda dipahat oleh Father Thomas McGlynn di bawah arahan Suster Lucia. Tingginya 4,73 m dengan berat 13 ton. Patung ini dihadiahkan oleh umat Katolik Amerika, membangkitkan isi pesan mengenai devosi kepada Hati Maria Tak Bernoda, yang disampaikan oleh Bunda Maria dalam tiga penampakan pertama di Cova da Iria dan dalam penampakan Pontevedra: devosi dari lima penampakan pertama. 

Fatima Portugal

Kerumunan orang menyaksikan ‘Keajaiban Matahari’ selama penampakan Our Lady of Fatima pada 13 Oktober 1917.

Di pintu masuk Basilika, di atas pintu utama, terdapat mosaik yang melambangkan Tritunggal Mahakudus yang memahkotai Bunda Maria. Mosaik ini dibuat di Vatikan dan diberkati oleh Sekretaris Negara saat itu, Kardinal Eugenio Paccelli, calon Paus Pius XII. Makam Francisco Marto dan Jacinta Marto masing-masing ditempatkan di ujung kanan dan kiri transept. Basilika ini memiliki dua sakristi, salah satunya diubah menjadi tempat pemujaan, dengan nama Capela de São José.

 

Masing-masing dari 14 altar samping melambangkan misteri Rosario, relief dasar emas ditempatkan oleh seniman muda Martinho de Brito. Penobatan Bunda dari Fatima, pada 13 Mei 1946, dan penutupan Tahun Suci, pada 13 Oktober 1951, tertulis pada dua batu nisan di pintu masuk kapel utama.

Basilika Fatima Portugal

Design interior Basilika Bunda Rosario di Fatima, Portugal

Banyak peristiwa penampakan Bunda Maria di Fatima digambarkan di jendela kaca patri di basilika, sementara lima belas altar di dalam gereja didedikasikan untuk lima belas misteri Rosario. Di keempat sudut basilika terdapat patung empat rasul besar Rosario dan devosi mereka kepada Hati Maria Tak Bernoda: Santo Antonius Maria Claret, Santo Dominikus, Santo Yohanes Eudes dan Santo Stefanus, Raja Hongaria.

 

Sanctuary di Fatima dibangun di area Cova da Iria, di mana ketiga anak itu menyaksikan penampakan Bunda Maria. Sanctuary Fatima mencakup berbagai bangunan, kapel, dan monumen untuk konsekuensi agama, politik, dan sosial dari peristiwa tersebut, tersebar di seluruh kompleks panorama terbuka dan pemandangan yang didominasi oleh Basilika Bunda Rosario dan Basilika Tritunggal Mahakudus. Pusat dari sanctuary ini adalah Kapel Penampakan kecil, di mana menurut cerita rakyat banyak peristiwa penampakan terjadi dan di mana para peziarah pertama menghormati penampakan Maria ketika berziarah di Fatima.

 

Basilika Fatima, Portugal

View interior dari Basilika Bunda Rosario di Fatima

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

STAY SAFE AND HEALTHY!

× Whatsapp Us