FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Inilah Gereja Paling Suci untuk Umat Kristiani di Yerusalem

Nazaret Tour / Holyland  / Inilah Gereja Paling Suci untuk Umat Kristiani di Yerusalem
Gereja Makam Kudus Yesus
24 Jul

Inilah Gereja Paling Suci untuk Umat Kristiani di Yerusalem

Yerusalem, nama itu menjadi sangat kudus di hati para pengikut Yesus Kristus selama beberapa abad dan semenjak dahulu kala hingga saat ini.

 

Dalam bahasa ibrani disebut Yerushalayim atau al-Quds dalam bahasa Arab, yang mempunyai arti yaitu salah satu kota tertua di dunia. Di masa lalu, kota ini pernah ditaklukan, dihancurkan dan dibangun kembali selama beberapa kali dan meninggalkan sebuah cerita tersendiri.

 

Ada banyak sekali situs suci yang dapat dikunjungi di kota Yerusalem ini. Setiap tahunnya, kota Yerusalem dibanjiri ratusan ribu peziarah kristiani dari berbagai dunia.

 

Ada beberapa lokasi ziarah yang terdapat di Yerusalem. Di setiap tempat ziarah selalu tersimpan sejarah yang menarik dan tentunya sangat berkesan di hati para peziarah. Dari beberapa tempat ziarah di Yerusalem, ada satu gereja paling suci dan kudus yang selalu tidak luput dari kaki para peziarah. Nama tempat ziarah itu adalah Gereja Makam Kudus atau yang dikenal dengan The Church of Holy Sepulchre.

 

Posisi dari Gereja Makam Kudus di bukit Golgota

 

Gereja Makam Kudus atau Gereja Holy Sepulchre merupakan salah satu gereja terbesar di Timur Tengah. Gereja yang berada di Kota Tua, Yerusalem, ini menjadi tempat yang dipercaya sebagai lokasi Yesus disalibkan, dimakamkan serta mengalami kebangkitan. Hal inilah yang membuat keberadaan gereja ini sangat penting untuk umat Kristiani di seluruh dunia.

 

Gereja Makam Kudus dikenal juga sebagai situs Golgota dan diyakini sebagai tempat terakhir jalur Via Dolorosa (Jalan Salib). Posisinya tidaklah jauh dari Tembok Ratapan dan Masjid Al-Aqsa yakni di atas bukit Golgota. Pada saat hari raya Paskah, situs ini menjadi situs yang paling ramai dibanjiri oleh peziarah dari umat Kristiani di seluruh bagian dunia.

 

Memasuki gereja dari pintu masuk, para peziarah akan langsung diperlihatkan batu persegi panjang. Batu itulah yang dikenal dengan Batu Pengurapan, batu tempat dimana Yesus dipersiapkan untuk dimakamkan. Nazaret Tour menghimbau agar setiap peziarah meluangkan waktu saat berada di sekitar batu untuk berdoa dan mengenang bagaimana besar cinta kasih Tuhan kita Yesus Kristus yang rela mati untuk menebus dosa setiap umat manusia termasuk kita.

 

Suasana Gereja Makam Kudus pada saat hari raya Paskah

 

Gereja Makam Yesus disebut dibangun pada periode 325 sampai 335 Masehi oleh Santa Helena, ibu dari Kaisar Konstantinus. Arsitektur gereja ini begitu megah nan anggun. Masuk ke dalam area makam Yesus suasana begitu hening dan khidmat, suasana ini juga yang mendukung gereja ini dinobatkan menjadi gereja paling suci di daratan Yerusalem dan sekitarnya. Saat ini, gereja ini dikuasai oleh tiga denominasi utama yaitu Ortodoks Yunani, Ortodoks Armenia, dan Katholik Roma.

 

Di sisi sebelah kiri pintu masuk, pada bagian belakang gereja tak jauh dari batu pengurapan terdapat satu kompleks altar lainnya yang berbentuk cungkup dengan pintu sempit, pendek, dan kecil. Ditempat ini diyakini dengan sangat adalah tempat dimana Yesus dimakamkan dan mengalami kebangkitan. Pintu kecil pada makam Yesus disebut juga pintu kerendahan hati, makna kerendahan hati ini sangatlah dalam. Para peziarah akan dijelaskan oleh local guide arti dari pintu kerendahan hati ini.

 

Batu Pengurapan di dalam Gereja Holy Sepulchre atau Gereja Makam Kudus

 

Bentuk fisik dari Gereja Holy Sepulchre yang sekarang telah mengalami beberapa kali renovasi dengan mempertahankan bentuk aslinya. Di pertengahan tahun 2016 Gereja ini sedang dalam masa renovasi. Raja Abdullah II dari Yordania adalah donatur utama untuk perawatan fisik dari gereja ini.

 

Ada cerita yang menarik dari gereja ini yaitu juru kunci gereja paling suci ini bukanlah seorang Kristiani melainkan dari umat Muslim. Cerita unik ini menyimpan sejarah yang panjang dan akan Anda ketahui ketika berziarah ke Gereja Makam Kudus atau Holy Sepulchre nanti. Salam Nazaret Tour.

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

WhatsApp WhatsApp Kami