FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Perjalanan Tour menuju Gunung Hermon di Israel

Nazaret Tour / Holyland  / Perjalanan Tour menuju Gunung Hermon di Israel
Gunung Hermon
24 Jul

Perjalanan Tour menuju Gunung Hermon di Israel

GUNUNG HERMON! Salju menyelimuti puncak-puncaknya yang tertinggi sampai pertengahan musim panas. Gunung ini dapat dilihat dari tempat yang sangat jauh. Seorang peserta tour dari Nazaret Tour menceritakan bagaimana ia mampu melihat dengan jelas puncak Gunung Hermon yang diselimuti salju di atas Dataran Tinggi Golan dari suatu tempat di sebelah barat Lembah Yordan – yang jaraknya 97 km!

 

Gunung Hermon

Gunung Hermon

 

Gunung Hermon adalah gunung yang terletak di pegunungan Anti-Lebanon. Ketinggian gunung ini adalah 2.814 m (9.232 kaki) di atas permukaan laut. Puncak gunung ini berada di perbatasan antara Suriah dan Lebanon.

 

Gunung Hermon sebenarnya adalah sederetan pegunungan dengan tiga puncak terpisah yang kurang-lebih sama tingginya. Pegunungan Anti-Lebanon membentang kira-kira sepanjang 150 km dalam arah timur laut ke barat daya, sejajar dengan pengunungan Lebanon di sebelah baratnya. Pegunungan Hermon mencakup wilayah sekitar 1000 km², di mana 70 km² berada di bawah pengawasan Israel. Sebagian besar daerah Gunung Hermon yang termasuk Dataran Tinggi Golan meliputi cagar alam “Hermon nature reserve”.

 

Hermon Israel

Pemandangan di puncak Gunung Hermon

 

Di puncak Gunung ini ada sebuah kereta gantung. Para peserta tour ziarah akan kami bawa untuk menaiki kereta gantung ini sambil menikmati pemandangan salju yang indah. Apabila memungkinkan, para peserta tour dapat bermain ski es atau menikmati papan seluncur, naik turun bukit salju ketika butiran es tersebut menutupi permukaan gunung. Di puncak ini pula, kita bisa melihat hamparan bukit-bukit indah tersapu kilauan sinar matahari.

 

Kereta Gantung di Gunung Hermon

 

Hermon tak hanya sebagai tempat ziarah atau wisata yang menakjubkan, namun Gunung ini juga menyimpan kisah sejarah dahulu bersifat rohani bagi para peziarah rohani. Dalam tradisi kuno yang tertera di Kitab Henokh, puncak Gunung Hermon disebut-sebut sebagai tempat malaikat Allah yang turun ke Bumi. Cerita tentang Nabi Henokh banyak dikisahkan dalam Kitab Kejadian, bagian dari Alkitab, Kitab Suci Perjanjian Lama. Nabi Henokh adalah kakek buyut dari Nabi Nuh.

 

Penunjuk arah jalan menuju ke Gunung Hermon

 

Nazaret Tour memberi saran kepada setiap pembaca artikel ini yang hendak berziarah ke Israel dan ingin mengunjungi Gunung ini agar memilih waktu yang tepat. Bulan Januari hingga Maret adalah periode terbaik jika pembaca ingin berkunjung, karena tumpukan salju terlihat indah dipandang mata. Melainkan jika mengunjungi Gunung Hermon diluar musim dingin adalah pilihan yang kurang tepat karena yang ada adalah pemandangan gunung gundul.

 

CATATAN ALKITABIAH

Ketinggian yang mengesankan, air yang berlimpah-limpah, dan tumbuh-tumbuhan yang lebat menimbulkan rasa kagum dalam hati orang-orang yang bermukim di bayangan jajaran pegunungan Hermon. Bahkan sebelum orang Israel tiba, orang Kanaan telah menghubungkan daerah itu dengan Baal, dewa kesuburan mereka. Sebagian jajaran itu disebut Baal-hermon (Hak. 3:3; I Taw. 5:23), dan ada juga sebuah kota yang bernama Baal-Gad (Yos. 13:5).

 

Orang Israel yang menyembah berhala memandang Gunung Hermon sebagai simbol kesuburan, sama seperti orang Kanaan yang kafir. Akan tetapi, orang Israel mengakui bahwa kesuburan dan kekuasaan berasal dari Sang Pencipta, bukan dari ciptaan-Nya. Bagi mereka, kuasa dan kebesaran Allah menyebabkan puncak-puncak yang sangat tinggi di daerah utara Libanon, Tabor, dan Hermon – menjadi kecil. Suara TUHAN mematahkan pohon aras, bahkan, TUHAN menumbangkan pohon aras Libanon. Ia membuat gunung Libanon melompat-lompat seperti anak lembu, dan gunung Siryon (Hermon) seperti anak banteng” (Mzm. 29:5-6). Dalam pandangan mereka gunung-gunung, itu sendiri menyembah Yahwe, “Tabor dan Hermon bersorak-sorai karena nama-Mu” (Mzm. 89:13).

 

Nama yang banyak dari Gunung Hermon ini membuktikan kepentingannya. Sebelum orang Israel menaklukkan mereka, orang Amori menamakannya Senit (Ul. 3:9) atau Gunung Senir (Ul. 3:9; Yeh. 27:5). Orang Sidon menyebutnya Gunung Siryon (Ul. 3:9), dan naskah Ibrani Ul. 4:48 menyebutnya Gunung Sion, walaupun naskah Siria menyebutnya Sirian.

 

Ketika perang mengancam batas utara Israel, jajaran Gunung Hermon yang menahan gempuran pertama dari pasukan-pasukan penyerbu. Dengan pegunungan Libanon di bagian barat, maka pegunungan Hermon merupakan rintangan alami terhadap kerajaan Aram di utara. Akan tetapi, pada masa-masa damai pun Gunung Hermon yang agung itu masih membantu penduduk Kanaan. Dengan tenang ia menghasilkan mata air keliling kaki gunungnya, sewaktu salju yang mencair merembes tembus batu-batu karang berliang renik yang membentuk dasarnya.

 

Hermon

Group Nazaret Tour sedang berfoto bersama di puncak Gunung Hermon

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

WhatsApp WhatsApp Kami