HOLY DOOR 2025, Momen Pertobatan dan Belas Kasih dari Tuhan

Nazaret Tour / Eropa  / HOLY DOOR 2025, Momen Pertobatan dan Belas Kasih dari Tuhan
Holy Door 2025

HOLY DOOR 2025, Momen Pertobatan dan Belas Kasih dari Tuhan

Hai umat Katolik Indonesia, apa kabar ?!! Semoga selalu dalam kasih dan rahmat dari Tuhan kita Yesus Kristus. Sudah mulai ramai dibicarakan tentang Holy Door atau Pintu Suci, karena ini adalah moment yang bisa dikatakan spesial bahkan sangat Istimewa bagi umat Katolik di seluruh dunia.

 

Seperti yang Anda ketahui bahwa momen Holy Door ini diadakan setiap 25 tahun sekali dan kita yang saat ini jika mengingat kembali mungkin pada saat 25 tahun yang lalu itu kita masih kecil atau masih belum begitu mengerti akan arti Holy Door karena pada saat itu informasi tidak terlalu mudah didapat seperti pada saat ini.

 

Sehingga mungkin pengetahuan terbatas tentang Holy Door atau Pintu Suci itu pokoknya seperti moment pengampunan atau dosa – dosa kita dihapuskan atau sederhana dan polos nya ada yang berfikir kalau kita melewati atau masuk melalui Holy Door atau Pintu Suci itu maka dosa kita bisa langsung terampuni oleh Tuhan. Luar biasa ya! Seakan langsung kita menjadi seorang yang suci 😊.

 

Namun pemahanan Holy Door atau Pintu Suci tidaklah seperti itu. Sehingga ijinkanlah kami mencoba untuk menjabarkan dan menjelaskan tentang apa itu Holy Door dan bagaimana kita bisa menjadi bagian dari moment 25 tahun sekali ini.

APA ITU HOLY DOOR ?

Holy Door adalah Pintu Suci. Yah itukan kalau dalam Bahasa Indonesia nya, siapa yang ga tau ☹. Dalam bahasa latin adalah Porta Santa atau Pintu Kerahiman Allah. Menurut Wikipedia Holy Door atau Porta Santa ini secara tradisional adalah sebuah portal pintu masuk yang letaknya di dalam Basilika St Peter, Vatikan dan beberapa Pintu Suci juga terdapat di Basilika Mayor di kota Roma.

 

Pintu Suci ini biasanya ditutup dengan mortar dan semen dari dalam sehingga tidak bisa dibuka. Hanya dibuka secara seremonial selama tahun Yubileum yang ditentukan oleh Paus, agar para peziarah yang masuk melalui pintu tersebut dapat memperoleh indulgensi penuh yang terkait dengan perayaan tahun Yubileum tersebut.

 

Holy Door atau Pintu Suci ini bukanlah sekedar pintu biasa, memiliki symbol yang sangat mendalam, pintu yang melambangkan Yesus Kristus, jalan menuju keselamatan dan pengampunan dosa.

 

Holy Door 2025

Paus Fransiskus bersiap untuk membuka Pintu Suci Vatikan pada 2016 silam.

 

Pintu Suci juga merupakan tanda atau simbol bagi umat Tuhan untuk melangkah meninggalkan dosa kepada Rahmat-Nya dan menuju kepada keselamatan. Seperti tertulis pada injil Yohanes 10 : 7 “Maka kata Yesus sekali lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.” Tuhan Yesus lah satu-satunya jalan bagi kita untuk menuju kepada keselamatan. Mazmur 118 : 20 “Inilah pintu gerbang Tuhan, orang- orang benar akan masuk ke dalamnya.”

 

Holy Door atau Pintu Suci sebagai pengingat bagi kita, bahwa tanggung jawab setiap orang beriman untuk menyebrangi ambang batas. Dan melewati pintu menjadi arti mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Kita menjadi pribadi yang baru dengan meninggalkan kehidupan kita yang lama.

 

Holy Door  menjadi tujuan agar umat yang masuk melalui pintu itu menerima belaskasih dan kerahiman dari Tuhan Allah, dan dihapuskannya dari dosa-dosa dan memperoleh keselamatan dari pada-Nya.

ARTI TAHUN YUBILEUM 2025

Nah.. apa lagi sih Yubileum ini ?!! Yubileum ini adalah perayaan untuk memperingati ulang tahun suatu peristiwa pada bilangan tahun tertentu seperti ke-25, ke-50 yang di rayakananya secara khusus. Namun secara Etimologi, dalam Bahasa Latin-nya adalah iubelae berasal dari perayaan tahun Yobel dalam tradisi umat Yahudi dalam Perjanjian Lama.

 

Holy Door 2025 (Porta Santa)

Bagian atas dari Holy Door di Basilika St. Maria Maggiore, Roma

 

Yubileum dalam Gereja Katolik menjadi tahun suci atau tahun khusus pengampunan dosa, hutang dan pengampunan universal. Dalam Imamat, sebuah tahun Yubileum disebutkan terjadi setiap tahun ke-50; Dimana para budak dan tahanan akan dibebaskan, hutang akan diampuni dan belas kasihan Tuhan akan terlihat secara khusus. Dalam perayaan Katolik, khususnya di Gereja Latin, umumnya melibatkan ziarah ke tempat suci.

AWAL MULA RITUS TRADISI PEMBUKAAN HOLY DOOR atau PINTU SUCI

Berdasarkan dari tulisan jadi beliau ini adalah seorang intelektual dan penulis pada era Reinaisance, tertulis pada tahun 1423, Paus Martin V membuka Pintu Suci untuk yang pertama kali pada Basilika Santo Lateran untuk pertama kalinya dalam Tahun Yubileum. Pada masa itu Holy Door atau Pintu Suci dibuka pada tiap 33 tahun sekali, sedangkan Porta Santa atau Pintu Suci di Vatican baru pertama kali di buka pada Natal 1499. Pada saat itu Paus Alexander VI menginginkan bahwa baiknya Pintu Suci tidak hanya dibuka di Basilika Santo Lateran tapi dibeberapa Basilika lainnya, seperti Basilika St Paulus luar tembok dan Basilika Santa Maria Maggiore.

 

Sehingga ada 4 Basilika utama Roma yang memiliki Porta Santa atau Pintu Suci :

  1. Basilika Santo Petrus di Vatican (karya pematung Vico Consorti, dibuat di Florence oleh Ferdinando Marinelli)
  2. Basilika St. Paulus Luar Tembok (karya pematung Antonio Maraini)
  3. Basilika St. Yohanes Lateran (karya pematung Floriano Bodini)
  4. Basilika Santa Maria Maggiore (karya pematung Bolognese Luigi Enzo Mattei)

BAGAIMANA UNTUK UPDATE HOLY DOOR 2025

Nantinya mulai tanggal 31 Oktober 2024, anda dapat mengunduh aplikasi resmi Yubileum 2025 yaitu “iubilaeum25” dari App Store untuk IOS dan Play Store untuk Andriod. Serta melalui aplikasi ini peziarah dapat mengunduh Pilgrim Card (Kartu Peziarah) secara gratis melalui https://register.iubilaeum2025.va/registration dan di situs resminya anda dapat akses di http://www.iubilaeum2025.va.

Bisa juga anda membaca informasi tentang Holy Door di : https://www.nazarettour.co.id/pintu-suci-vatikan-yubelium-2025/.

 

Discover Holy Door 2025

 

BAGAIMANA CARA UNTUK IKUT ZIARAH BERSAMA

Ziarah Eropa Holy Door ini akan dibuka pada malam Natal 2024 dan berlangsung hingga Desember 2025. Disini kami Nazaret Tour ingin melayani kerinduan anda dengan menjadi teman ziarah anda di moment yang penuh makna ini.

 

Tentunya akan sangat berarti jika dapat berangkat bersama – sama dengan umat Katholik dari berbagai macam daerah Indonesia dan didampingi bersama Romo sebagai pembimbing Rohani. Sehingga akan lebih mantap hati kita dengan moment yang penuh syukur ini dapat kita maknai untuk pribadi kita yang menjadi lebih baik dengan mendapat indulgensi.

 

Holy Door 2025

Persiapan Vatikan untuk menyambut Holy Door dan Tahun Yubelium 2025.

 

Sebetulnya sangat disayangkan jikalau disaat ini jika anda diberikan kesehatan dan kesempatan bisa anda gunakan untuk mendapatkan momen 25 Tahun sekali ini. Mungkin akan terlihat mudah bagi saya sebagai penulis untuk mengatakan hal seperti ini, namun bukankah boleh kita beriman dan berdoa untuk kerinduan yang mulia ini. Saya sangat percaya Tuhan Yesus pasti buka jalan. Tidak ada yang MUSTAHIL bagi orang PERCAYA.

 

Info lebih lengkap bisa mengunjungi website kami untuk Paket Holy Door www.nazarettour.co.id atau bisa menghubungi melalui WA di 0811.1010.183.

 

Mari Umat Katolik Indonesia.. bersama kita sambut Tahun Yubileum 2025 ini.

 

Sampai Jumpa …. (Z’Brain)

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

STAY SAFE AND HEALTHY!

× Whatsapp Us