FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Katedral Barcelona dan Santa Eulalia

Nazaret Tour / Holyland  / Katedral Barcelona dan Santa Eulalia
katedral Barcelona
24 Jul

Katedral Barcelona dan Santa Eulalia

Katedral Salib Suci dan Santa Eulalia juga dikenal sebagai Katedral Barcelona, adalah katedral gothik sekaligus kediaman dari Uskup Agung di Barcelona, Spanyol. Katedral ini dibangun pada abad ke-13 hingga abad ke-15, yang pembangunan utamanya telah dirampungkan pada abad ke-14. Pada akhir abad ke-19, bangunan depan katedral direnovasi menyerupai bangunan gothic yang disertai dengan patung binatang.

 

Katedral ini didedikasikan untuk Santa Eulalia dari Barcelona, santa pelindung Barcelona, seorang gadis perawan muda yang menurut tradisi Katolik mengalami penderitaan martir pada jaman Romawi. Menurut cerita yang beredar di kalangan rakyat Barcelona, Santa Eulalia dilucuti pakaiannya oleh tentara romawi ditengah pusat keramaian dan tiba-tiba salju ajaib turun dipertengahan musim semi menutupi semua auratnya. Seketika itu serdadu Romawi marah lalu memasukkan tubuh Santa Eulalia kedalam tong yang berisi pisau-pisau tajam dan menggelindingkannya di jalanan. Jenazah dari Santa Eulalia dimakamkan di ruang bawah tanah Katedral Barcelona.

 

Katedral Barcelona tampak depan

 

Karena Santa Eulalia menolak untuk mengakui kesalahan kekristenannya terhadap orang-orang Romawi, akhirnya serdadu Romawi mengenakan tiga belas siksaan yang diantaranya adalah:

 

Menempatkannya ke dalam tong dengan pisau dan pecahan kaca dan digulirkan dijalan-jalan.
Memotong payudaranya.
Penyaliban berbentuk X.
Terakhir, pemenggalan kepala.

 

“Nama gereja ini diambil dari santa pelindung, nama resminya dalam bahasa Spanyol adalah Catedral de la Santa Crue i Santa Eulalia yang diterjemahkan berarti Katedral Salib Suci dan Santa Eulalia. Sedangkan nama yang umum digunakan adalah La Seu mengacu pada status gereja sebagai kursi keuskupan.”

 

Interior dalam Katedral

 

Sisi Kapel Sakramen Kudus dan Kristus Suci dari Lepanto terdapat sebuah salib yang konon adalah salib peninggalan dari Pertempuran Lepanto pada tahun 1571.

 

Selain Santa Eulalia dan Olegarius, dalam katedral ini Anda akan menjumpai makam Santo Raymundus dari Peñafort, Comte Ramon Berenguer I dan istri ketiganya Almodis de la Marche, dan uskup Berenguer de Palou II, Salvador Casanas y Pages, dan Arnau de Gurb, yang dimakamkan di Kapel Santa Lucia dalam katedral Barcelona.

 

Katedral ini memiliki biara gothic kecil dimana Anda dapat menjumpai 13 angsa yang dipelihara, angka 13 ada maknanya tersendiri yaitu santa Eulalia wafat pada usia ke-13.

 

Serambi Katedral Barcelona

 

Sebuah program pembersihan dan pemulihan katedral pernah dilakukan dalam kurun waktu tahun 1968 hingga 1972.

 

SEJARAH KATEDRAL

Pada tahun 1046, Pangeran Ramon Berenguer I dan istrinya Almodis, bersama-sama dengan Uskup Guislabert, memulai pembangunan katedral dan setelah itu ditahbiskan pada bulan November tahun 1058. Katedral Barcelona dibangun diatas ruang bawah tanah sisa peninggalan katedral kuno yang pernah dibangun pada abad ke-4. Bukti bahwa katedral awal abad ke-4 dapat dilihat di Musium Sejarah Barcelona. Katedral ini pernah mengalami kerusakan hebat pada saat serangan al-Mansur (Almanzor) pada tahun 985.

 

Katedral Gothik ini dipercantik dan dibangun ulang pada tahun 1298 oleh raja James II dan Bernat Pelegri yang menjabat sebagai Uskup Barcelona kala itu. Gereja Katedral ini dibangun dari ujung timur menuju ujung barat dengan fasad barat sederhana yang rampung pada tahun 1417. Katedral ini selesai pada tahun 1448, sehingga total durasi konstruksi adalah 150 tahun. Pada akhir abad ke-19, Miguel Girona i Agrafel ditawari sebuah proyek untuk menyelesaikan fasad neo-Gothik dan menara sentral. Pekerjaan ini selesai pada tahun 1913 oleh anak-anak Girona.

 

KAPEL LEPANTO

Kapel Sakramen Kudus dan Kristus Suci Lepanto adalah sebuah kapel kecil yang terletak disisi aula katedral yang dibangun oleh Arnau Bargues pada tahun 1407. Kapel ini sempat dibangun kembali pada abad ke-17 dan menjadi makam bagi Santo Olegarius, Uskup Barcelona dan Uskup Agung Tarragona .

 

ZIARAH

Saat ini Katedral Barcelona telah diperbaharui menimbang banyaknya turis yang datang saat ini. Terdapat banyak toko souvenir di biara, lilin tradisional telah digantikan oleh lilin elektronik disisi altar, dan handphone tidak boleh aktif didalam Kapel Lepanto.

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

WhatsApp WhatsApp Kami