FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kota Betlehem (Bethlehem)

Nazaret Tour / Holyland  / Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kota Betlehem (Bethlehem)
Bethlehem
24 Jul

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kota Betlehem (Bethlehem)

Betlehem atau Bethlehem, dikenal oleh kebanyakan orang sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus tetapi banyak orang tidak tahu banyak tentang kota ini sendiri, berikut adalah beberapa fakta dasar dan menarik tentang kota suci ini:

 

Peta Kota Bethlehem

Peta Kota Bethlehem

 

Siapa yang tinggal di Kota Betlehem?

Kota Bethlehem telah dihuni sejauh era Paleolitikum dan sejak kemunculan agama Kristen, ada orang-orang Kristen di Betlehem. Populasi Bethlehem sekarang lebih dari 26.000; Penduduknya didominasi oleh Muslim Arab dengan sekitar 40% orang Arab Kristen. Warga Betlehem memegang kewarganegaraan Palestina.

 

Dari mana nama Bethlehem berasal?

Pada abad ke 14 SM Kota Bethlehem adalah sebuah daerah yang dinamai oleh Dewi Beit Lahmu. Kemudian disebut juga Effrata (Kej 35:16) dan juga disebut dalam Kitab Ibrani sebagai Beit Lehem. Dalam bahasa Ibrani “Beit” berarti rumah/rumah tangga dan “Lechem” berarti roti/Manna/makanan atau bahkan pertempuran. Umumnya lebih disebut sebagai ‘Rumah Roti’. Dalam bahasa Arab artinya adalah Rumah Daging.

 

Gereja Bethlehem

Bintang Bethlehem yang terdapat didalam Gereja Nativity

 

Siapa yang pernah memimpin Kota Bethlehem?

Secara historis Betlehem telah dikalahkan dan diperintah oleh orang Romawi (132-135), Muslim (c.637); Ksatria Salib (1096-1099); Sultan Mesir (1187) dan lagi dari tahun 1813-1841, kemudian Utsmaniyah (1500) yang memerintah selama 400 tahun. Dalam sejarah modern, Inggris merebut kota ini pada masa Perang Dunia I dan menguasai kota ini dari tahun 1920 sampai 1948. Dalam Perang Arab-Israel pada tahun 1948, Yordania mencaplok Bethlehem dan tetap berkuasa sampai Perang Enam Hari pada tahun 1967. Perang Enam Hari membawa Israel pada kemenangan lalu mendorong kembali perbatasan Yordania dan menguasai Bethlehem dan bagian lain di Tepi Barat.

 

Jadi siapa yang memimpin Bethlehem hari ini ?

Israel tetap memegang kendali kota ini sampai tahun 1995, lalu setelah adanya persetujuan Perdamaian Oslo atas kota tersebut dan sekitar Tepi Barat, oleh pemerintah Israel diserahkan ke Otoritas Nasional Palestina. Otoritas Palestina saat ini memiliki kontrol administratif dan militer atas kota Betlehem.

 

Apakah letak Betlehem di atau dekat Gaza?

Tidak sama sekali! Tepi Barat dan Jalur Gaza adalah dua wilayah yang benar-benar terpisah ketika Anda mengunjungi Bethlehem, Anda tidak perlu masuk ke Gaza untuk mengunjungi Kota Betlehem. Namun, Jalur Gaza dan Tepi Barat keduanya dikelola oleh Otoritas Palestina.

 

Group Nazaret Tour melakukan foto grup di depan Nativity Church, Betlehem (Foto: 16 Juli 2017)

 

Jadi di mana Bethlehem, apakah di Israel atau tidak?

Bethlehem berada di Tepi Barat, yang berarti berada di bawah Otoritas Nasional Palestina. Tepi Barat berbatasan di barat, utara dan selatan Negara Israel dan di sebelah timur dengan Yordania, ini disebut Tepi Barat karena memang letaknya di tepian barat Sungai Yordan. Perlu dipahami bahwa Israel adalah negara kecil sehingga waktu Anda mengendarai mobil dari Israel ke kota di Tepi Barat seperti Bethlehem jaraknya sangat dekat dan singkat.

 

Lantas saya harus mendarat dimana jika ingin mengunjungi Bethlehem?

Sebagian besar wisatawan atau turis mendarat di Tel Aviv, Amman, atau Cairo untuk dapat berkunjung ke Kota Bethlehem. Perlu dicatat bahwa di Palestina tidak terdapat bandar udara internasional untuk saat ini.

 

Apakah Anda perlu menyeberangi perbatasan jika mengunjungi Betlehem dari Israel?

Ya, ada beberapa perbatasan antara Israel dan Bethlehem, Anda perlu membawa passpor Anda untuk dapat masuk wilayah Palestina dari Israel.

 

Seorang polisi sedang berjaga di area perbatasan Yerusalem dan Bethlehem

 

Apakah berbahaya untuk mengunjungi Bethlehem?

Jika ada bahaya, maka tour akan dibatalkan tapi ada kehadiran militer yang protektif dan umumnya tidak pernah ada masalah untuk mengunjungi Bethlehem hingga saat ini.

 

Apakah Bethlehem disebutkan dalam Perjanjian Lama atau hanya dalam Perjanjian Baru?

Dalam Perjanjian Lama, Kota Betlehem disebut sebagai kota kelahiran Raja Daud dan tempat dia dinobatkan sebagai Raja Israel. Betlehem adalah tempat Kitab Rut ditetapkan. Kota Bethlehem juga tempat Rachel melahirkan Benjamin dan meninggal (Kej 48:7). Hari ini makam Rachel berdiri di dekat pintu masuk kota. Di Perjanjian Baru Betlehem disebut sebagai tempat kelahiran Yesus.

 

Jika Yesus lahir di Betlehem, apakah Betlehem adalah kota asalnya?

Tidak, Maria dan Yusuf pergi ke Betlehem dari kota asal Nazaret di Israel Utara. Mereka datang ke Betlehem untuk didaftarkan dalam sensus pajak nasional (Lukas 2:1-7), semua warga negara harus terdaftar di kota asal mereka dan Yusuf berasal dari keluarga Daud, Betlehem adalah kota Daud. Jadi Nazaret adalah kota asal Yesus dan tempat Dia kemudian dibesarkan.

 

Destinasi ziarah apa saja yang paling terkenal di Kota Bethlehem?

Ada 2 tempat ziarah yang paling terkenal yaitu Gereja Nativity dan Padang Gembala. Gereja Nativity adalah tempat dimana Tuhan Yesus dilahirkan sedangkan Padang Gembala adalah tempat dimana para malaikat menampakkan diri kepada para gembala untuk memberi kabar gembira atas kelahiran Sang Penyelamat.

 

Padang Gembala atau Shepherd’s Field

 

Apakah Kota Bethlehem termasuk dalam Tanah Perjanjian secara letaknya di wilayah Palestina?

Ya, termasuk dalam Tanah Perjanjian. Bethlehem adalah tempat kelahiran dari Raja Daud dan Yesus Kristus. Dan disebut beberapa kali dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

 

Apakah ada tempat ziarah untuk Umat Yahudi di Kota Betlehem?

Ada! Kuburan Rachel adalah tempat ziarah ketiga tersuci bagi Umat Yahudi.

 

Bethlehem

Makam Rachel di Tahun 1930 an

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.