FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Kota Kapernaum, kota mujizat Yesus di Israel

Nazaret Tour / Holyland  / Kota Kapernaum, kota mujizat Yesus di Israel
Kapernaum
24 Jul

Kota Kapernaum, kota mujizat Yesus di Israel

Kota Kepernaum, sungguh mengagumkan kemajuan bangsa Israel pada jaman Tuhan Yesus masih hadir di bumi sebagai manusia. Dari melihat sisa bangunan sinagoge di Kapernaum, yang semuanya dari batu basalt, dan beberapa di antaranya masih utuh berdiri, bisa dibayangkan bagaimana megahnya komplex tersebut.

 

Kapernaum

Gerbang masuk menuju ke kota Kapernaum

 

Kota Kapernaum, Capharnaum atau Kfar Nahum, artinya Kota Nahum, terletak tidak jauh dari Sungai Yordan dan Danau Gennesaret (sekarang dikenal sebagai Danau Kinneret). Kota ini didirikan tahun 150 SM, sebuah kota istimewa dalam kehidupan dan pelayanan Yesus. Setiap hari Sabat Yesus sering mengajar di kota ini (Lukas 4:31). Di Kapernaum Yesus telah melakukan banyak mukjizat. Anak perempuan Jairus, kepala rumah ibadah, yang telah mati Ia bangkitkan (Markus 5:22; Lukas 8:41). Yesus melepaskan orang yang kerasukan setan di sinagoga (Markus 1:21-28). Orang lumpuh yang diturunkan dari atap dan sembuh juga terjadi di kota ini (Markus 2:1-12). Ia membuat empat murid menangkap ikan dengan cara yang ajaib (Lukas 5:1-11). Yesus juga menyediakan uang empat dirham dalam mulut ikan untuk pajak yang harus dibayar Petrus (Matius 17:24-27). Ia menyembuhkan hamba seorang panglima Romawi yang lumpuh (Matius 8:5-13). Ia menyembuhkan anak seorang pegawai istana Raja Herod Antipas (Yohanes 4:46-54).

 

Di Kota Kapernaum Yesus telah menyembuhkan banyak orang dan mengusir setan. Namun, seperti halnya Khorazim dan Betsaida, kota ini justru dikecam Yesus: “Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mukjizat-mukjizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan daripada tanggunganmu” (Matius 11:23-24). Mengapa Yesus mengecam? Kapernaum telah mendapat “kemewahan” bisa mendengar Yesus mengajar dan mengadakan mukjizat. Namun ada banyak penduduk di kota ini yang tidak bertobat dan percaya. Apa yang dikatakan Yesus terbukti. Tahun 750 kota ini hancur, dan hari ini Kapernaum hanyalah sebuah situs arkeologi, tinggal reruntuhan saja.

 

Kustodi Kapernaum

Kustodi Kapernaum

 

Perhatikan! Yesus selalu kembali ke Kapernaum dan mengajar di kota Kapernaum ini. Sebagai pusat kegiatannya, maka wajar jika kita melihat banyak pekerjaan yang Yesus lakukan di kota ini. Kapernaum menjadi kota dimana mujizat selalu terjadi. Semua orang tahu siapa Yesus, dimana Ia tinggal dan semua pekerjaan yang dilakukannya di sana. Orang-orang yang memasuki kota ini, selalu mengejar Yesus untuk mengalami mujizatNya. Dengan demikian, kota ini menjadi sebuah kota yang sangat diberkati karena keberadaan Yesus.

 

Kapernaum

Sisa reruntuhan kota Kapernaum pada abad ke-2 yang bertahan hingga saat ini

 

Kapernaum adalah peringatan penting bagi orang-orang yang setiap hari mendengar firman Tuhan tetapi seperti penduduk Kota Nahum, tidak juga bertobat. Mereka tidak menyelaraskan hidup sesuai hukum atau kaidah kebenaran Tuhan. Kapernaum tegas menyiratkan paradigma Ilahi, bahwa jika Anda melakukan kesalahan karena tidak tahu, Anda masih bisa diampuni. Jika Anda sudah banyak mendengar kebenaran firman Allah dan menerima anugerah-Nya, tetapi selalu saja menolak kebenaran-Nya dengan sengaja berbuat fasik, Anda akan jatuh dari tempat yang tinggi. Anda bisa terhempas seperti Kapernaum, diturunkan sampai ke dunia orang mati.

 

Nazaret Tour sangat merekomendasikan kepada para peziarah apabila mengikuti tour ziarah ke Israel agar tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke kota Kapernaum. Semoga Tuhan memberkati.

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

WhatsApp WhatsApp Kami