FOLLOW US:

021-22524625 info@nazarettour.co.id
 

Persiapan Untuk Perjalanan Tour ke Israel

24 Jul

Persiapan Untuk Perjalanan Tour ke Israel

Shalom…

 

Siapkan Alkitab Anda, dan marilah kita mulai. Setiap insan Kristiani tahu benar ada banyak sekali janji Tuhan atas bangsa Israel, bahkan kitapun sadar benar bahwa kasih karunia Allah Bapa, melalui Yesus Kritus Tuhan itu adalah karena BERKAT WARIS bangsa pilihan Tuhan ini, bukan karena usaha kita, bukan juga karena kemampuan dan kegagahan kita, Bukan! jangan ada yang memegahkan diri [Baca: Eph 2: 8-21], tetapi semata-mata hanya karena belas kasihan dan kasih karunia-Nya saja [Baca juga: Yesaya 56: 1-8; Mazmur 67: 1-8; Roma 11:1-2, 29-32 dan Mat 15: 21-28].

 

1. PERSIAPKAN HATI DAN PIKIRAN KITA

Saat kita kecil di sekolah minggu sering sekali kita diajarkan tentang tanah ini, tentang bagaimana perjalanan bangsa ini, kesengsaraan dan penindasan atas bangsa ini, bagaimana Allah menolong mereka. Saat Pemuda kita bahkan dengan intend mendiskusikan, bahkan tidak jarang mendirikan panel-pamel diskusi dalam seminar mencari kesesuaian dan kebenaran janji firman Tuhan Yesus kepada bangsa ini, juga kepastian tentang berkat waris bangsa ini kepada kita umat Kristiani. Saat dewasa bahkan menjadi tua, iman dan harapan kita atas kasih karunia Tuhan Yesus Kristus sudah cukup kuat, kita mendirikan kelompok doa, penelaan Alkitab, belajar Alkitab, dan banyak hal serupa itu untuk menjaga agar warna iman kita tidak luntur; karena kita tahu tidak ada Tuhan yang luar biasa dan heran seperti Tuhan Yesus, baik di bumi maupun di sorga, [Baca: Yoh. 16: 4] dan karena-Nya kita selalu berupaya mengejewantahkan ucapan syukur kita kedalam bentuk-bentuk pelayan dan berupaya menjadi berkat bagi orang lain. Karena jika tidak demikian, kata Paulus, “Semua itu adalah kesia-siaan” [Baca: 1 Kor 15: 16-58].

 

Saat ini tidak ada satu umat Kristiani di dunia yang tidak rindu menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri, berjalan diatas tanah, memandang bukit dan gunung-gunung dimana Allah sendiri pernah [Baca: Yes 60: 1-22] memimpin bangsa ini keluar dari Mesir; tanah dimana Tuhan Yesus Lahir, dibesarkan dan mengajar; berlayar di danau, dimana Tuhan Yesus pernah menghardiknya; menyaksikan sisa-sisa jalan Via Dolorosa (stasi I s/d stasi 14), jalan yang menjadi saksi bisu dimana Ia harus menderita; melihat tempat dimana Dia di salibkan untuk membayar dosa Anda dan saya [Baca: Yes 53: 1-12] tempat dimana Dia di kuburkan, bangkit, dimuliakan dan naik ke Sorga.

 

Bapak, Ibu sekalian, jadi persiapan sesungguhnya dalam perjalanan ziarah adalah mempersiapkan Hati & Pikiran kita [Baca: Mat 6: 25-34, Flp 4: 6], berdoalah, minta agar DIA sendiri, pemilik dan penguasa hidup kita yang akan memimpin perjalanan ziarah Anda. Tirulah tekad YOSUA ,satu-satunya manusia yang dengan kuasa Allah dimampukan menahan matahari diatas Gibeon dan bulan, di atas lembah Ayalon [Baca: Yos 10: 12] ketika ia membawa Biji Mata Allah memasuki Yerusalem melalui kota Yeriko [Baca juga: Mat 6: 25-34, Flp 4: 6]. “Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada Tuhan, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN” [Yos 24:1].

 

2. PERSIAPKAN PERLENGKAPAN DAN PAKAIAN

Setelah persiapan penting ini Anda lakukan; kami juga akan mengingatkan Anda untuk mengetahui persiapan perjalanan ziarah lainnya yang berhubungan dengan kelengkapan fisik; diantaranya adalah tentang seberapa penting dan seberapa banyak Pakaian, Makanan & Minuman, Vitamin & Obat-obatan, maupun Uang Saku yang pantas dan perlu Anda bawa.

 

Bawalah Pakaian santai namun sopan secukupnya, sesuai dengan jumlah hari ziarah, jangan terlalu berlebih, karena jika Anda merencanakan untuk belanja oleh-oleh dari tanah perjanjian, hal ini dapat membingungkan Anda sendiri terlebih akan mengakibatkan kelebihan bagasi (over-weight), dan akan menyebabkan Anda harus membayar lagi kelebihan bagasi tersebut.

 

Jika Anda membawa pakaian yang akhirnya akan disumbangan pada akhir perjalanan ziarah Anda, itu akan menjadi lebih baik, karena akan ada banyak tersedia tempat di koper Anda dan dapat dipakai untuk menempati oleh-oleh yang Anda beli. (sumbangkan baju2 yang telah Anda pakai selama perjalanan dari Mesir dan Israel di hotel terakhir di Mesir, Israel dan Jordan. Sisakan satu pasang yang masih bersih dan belum terpakai untuk baju salin Anda di Yordan.

 

Bawalah pakaian dalam secukupmya, membeli pakaian dalam yang terbuat dari kertas sangat disarankan, sehingga setelah digunakan pada malam hari, pada pagi harinya Anda tinggal membuangnya ke keranjang sampah yang tersedia, disisi lain Anda tidak perlu mencuci pakaian dalam dan menggantungnya di kamar mandi hotel.

 

Jacket dan baju hangat; untuk musim dingin (Oktober-Februari) sebaiknya memilih jacket yang tebuat dari wool atau kulit, dilengkapi dengan vest, sarung tangan kulit, kaus kaki tebal dan penutup telinga.

 

Untuk Anda yang mengikuti ziarah termasuk mendaki Mt. Sinai dan Mt. Hermon jangan lupa mempersiapkan long john, penutup leher, dan penutup kepala karena suhu di puncak kedua gunung tersebut dapat mencapai suhu dibawah 0 derajat celcius.

 

Bawalah sepatu yang tidak melelahkan dan dapat dipakai untuk berjalan jauh (sepatu olah raga), dan untuk wanita sangat tidak disarankan membawa sepatu bertumit tinggi.

 

Untuk Anda yang merencanakan melakukan rededikasi pernikahan di Cana-Nazaret kami menyarankan Anda membawa jacket resmi (jas) untuk pria dan baju pesta (kebaya) untuk wanita, sehingga akan tampak indah saat pengambilan gambar foto dalam proses pemberkatan.

 

Demikian juga untuk Anda yang ingin melakukan rededikasi baptisan disungai Jordan maupun merasakan berenang dalam kehangatan air laut mati, sebaiknya membawa juga sepatu renang, sehingga kaki Anda terhindar dari kemungkinan terluka akibat batu di sungai Jordan atau karang garam di laut Mati (sepatu renang terbuat dari karet dan biasanya dapat dibeli di toko-toko olah raga di kota Anda).

 

Untuk kenyamanan Anda bawalah sun glasses (kaca mata hitam), dan pergunakan saat siang hari untuk menghindari mata Anda dari terik dan silaunya sinar matahari.

 

Jangan pernah memakai baju tanpa lengan (you can see) tanpa jacket saat Anda memasuki tempat-tempat ziarah, khususnya di Bethlehem dan rumah-rumah ibadah di Jerusalem.

 

Bawalah lain-lain keperluan Anda secukupnya karena kita akan sedikit sekali, atau bahkan tidak akan pernah mampir di super market, kecuali pada saat yang sama kita makan atau singgah ditempat yang sama dengan acara ziarah dimana dalam lokasi tersebut terdapat super maket.

 

Minyak wangi, dan/atau bawaan berbentuk cairan, gunting kecil, pisau kecil, gunting kuku saat penerbangan harus dikemas dalam koper besar dan tidak diperkenankan dibawa ke dalam kabin pesawat.

 

3. MAKANAN & MINUMAN

 

Membawa makan dan minuman merupakan satu hal yang sangat disarankan, mengingat kondisi makanan dan mungkin juga jajanan pasar ala mediterania, merupakan makanan yang cukup aneh untuk dikonsumsi lidah Indonesia, maka bawalah makanan (yang tidak mudah basi) secukupnya (jangan berlebih), Anda juga tidak perlu membawa air, seperti mereka yang melakukan ziarah ke tanah perjanjian sepuluh tahun lalu, saat ini air minum sudah banyak tersedia bahkan di dalam bus sekalipun. Mengingat peraturan keagamaan di Israel untuk hal makan dan minuman sangat ketat, maka sebaiknya kita mematuhi hal tersebut (dengarlah penjelasan tour leader atau tour guide Anda). Beberapa Tips yang dapat Anda ikuti kami sampaikan di bawah ini:

 

Anda dapat saja membawa makanan yang diawetkan, seperti super cup, indo mie, abon atau sambel goreng teri kacang, rendang atau makanan lainnya yang tidak mudah basi, yang cukup untuk dikonsumsi sampai selesainya perjalanan ziarah, tetapi khususnya di hotel-hotel di Israel makanan-makanan ini sebaiknya hanya dikonsumsi di kamar hotel dan jangan sekali-kali dibawa ke restoran, atau seisi meja makan Anda akan dibersihkan. karena bagi mereka (umat Yahudi), makanan-makanan itu dianggap tidak khozeer (haram).

 

Anda dapat membawa sambel saset untuk menambahkan cita rasa makanan mediterania serasa makanan Indonesia, bawalah saus tomat atau sambel dalam samset secukupnya dan sama seperti hal diatas, hindari membawanya ke dalam restoran di hotel-hotel selama Anda berada di Israel.

 

Anda dapat juga membawa rice cooker kecil atau can pembuat air panas, tetapi Anda juga harus memastikan kepala penghubung listriknya hanya berkaki dua, selain dari itu Anda perlu mempersiapkan converternya (Anda dapat memperoleh set converter di toko listrik atau super market terdekat dengan rumah Anda).

 

Untuk Minuman pada dasarnya tersedia cukup banyak di hotel, Anda hanya perlu menyediakan botol yang cukup untuk Anda melakukan refill saat breakfeast, Pada siang harinya biasanya driver bus Anda juga menyediakan aqua botol yang dapat Anda beli dengan harga USD 1.

 

Seluruh makan dan minuman hanya dapat dibawa dan dimobilisasi saat perjalanan ziarah di Mesir, Israel dan Jordan. Disaat penerbangan seluruh perbekalan ini harus ditaruh di koper besar dan sebaiknya tidak dibawa ke dalam kabin pesawat.

 

4. VITAMIN & OBAT-OBATAN

Untuk vitamin dan obat-obatan bawalah sesuai dengan kebutuhanan, selama perjalanan ziarah ini, khusus Anda yang memerlukan obat-obatan pribadi.

 

Bawalah vitamin untuk keperluan Anda, khususnya vitamin C agar kondisi Anda tetap fit selama berlangsungnya perjalanan ziarah, juga obat-obatan ringan untuk menghindari gangguan pencernaan, sakit kepala dan perut.

 

Bagi Anda yang harus membawa obat-obatan khusus dengan resep dokter, diminta mempersiapakn obat2 tersebut dalam kotak obat sesuai jawal yang di haruskan. Anda. disarankan juga menyediakan resep cadangan untuk dapat ditebus di negara kunjungan wisata. Hal tersebut disarankan, untuk menjaga jika kemungkinan obat2an yang anda perlukan tertinggal atau hilang dalam perjalanan.

 

Anda yang memakai kacamata plus maupun minus, untuk kenyamanan Anda bawalah juga kaca mata plus dan minus cadangan.

 

5. ASURANSI PERJALANAN

Bagi kebanyakan negara maju, wisatawan selalu diwajibkan memiliki asuransi perjalanan, hal ini menjadi perlu, karena biaya kesehatan dibanyak negara maju sangat mahal sekali, itulah sebabnya regulasi mereka meminta dan mensyaratkan setiap wisatawan yang akan mengunjungi negara mereka harus memiliki asuransi perjalanan. Walaupun tidak demikian dengan Mesir, Israel maupun Jordan, shalomholyland.comm tetap menyarankan Anda memiliki dan melengkapi perjalanan Anda dengan Asuransi Perjalanan.

 

6. MATA UANG & NILAI TUKAR

Anda tidak perlu dipusingkan dengan nilai tukar mata uang negara-negara yang Anda kunjungi (Mesir, Israel dan Jordan), namun dalam perjalanan ziarah ini Anda disarankan membawa mata uang USD. (United State Dollar). Sediakanlah pecahan-pecahan USD.1, USD.2, USD.5, USD.10 dan USD.20. Pecahan-pecahan ini sangat berguna ketibang Anda harus mencari-cari tempat penukaran USD.100 Anda di negara tujuan.

 

7. UANG SAKU

Hampir semua toko-toko souvenir, restoran bahkan cafe di kaki lima menerima mata uang USD. Jadi saat berbelanja yang harus Anda lakukan hanya menyatakannya berapa harga makanan atau barang yang Anda beli dalam mata uang dollar, mintalah bantuan tour leader jika Anda memerlukan bantuan. beberapa tips untuk diketahui:

 

Saat membayar belanjaan, jika masih ada sisa uang yang harus dikembalikan, mereka akan mengembalikan uang Anda dengan mata uang lokal setempat; namun jika Anda meminta uang kembali Anda dalam bentuk mata uang USD, sepanjang mereka memilikinya, mereka akan mengembalikan sesuai dengan keinginan Anda.

 

Pada beberapa ATM (Auotamatic Teller Machine) di negara kunjungan, Anda dapat menggunakan Kartu Debet MANDIRI atau BCA, atau Kartu Debet lainnya yang memiliki tanda ALTO, VISA. Anda dapat menarik uang tunai dalam bentuk mata uang lokal atau USD. Mintalah tour leader Anda menunjukan caranya untuk Anda.

 

Pada umumnya toko-toko souvenir yang akan dikunjungi, atau toko-toko yang berada dalam lingkungan hotel dimana Anda menginap menerima berbagai bentuk kartu kredit, namun tentunya harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi dari harga dimana Anda akan diantarkan untuk mencari souvenir-souvenir yang ingin Anda peroleh sebagai oleh-oleh.

 

Travel Cheque, juga merupakan alat tukar pilihan yang dapat Anda bawa, karena lebih terjamin dan aman. Untuk kenyamanan dan keamanan Anda, sebelum Anda mengalami kesulitan, janganlah ragu untuk meminta bantuan tour leader Anda untuk hal-hal yang berhubungan dengan penukaran uang.

 

Bawalah uang saku secukupnya, Perkirakanlah dengan bijaksana jumlah uang saku yang harus Anda siapkan. Perkirakan juga banyaknya oleh-oleh yang ingin Anda beli; untuk informasi lebih lengkap Anda dapat meng-klik menu dan icon informasi di sisi kiri dan kanan site ini. Tetapi satu hal yang perlu Anda ingat, siapkan dan berikanlah juga persembahan Anda sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan melalui gereja-gereja yang Anda kunjungi.

 

8. LAIN-LAIN

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan selama perjalanan ziarah ini diantaranya:
Selama perjalanan ziarah berusahalah untuk mengikuti seluruh acara yang telah diprogramkan, terutama mengikuti dan ambil bagian dalam pelayanan ibadah pagi.

 

Berusaha disiplin dengan ketepatan waktu bagun pagi hari; agar tidak terlambat, walaupun setiap pagi ada morning call otomatis melalui pesawat telepon di kamar Anda, upayakan juga dengan mengaktifkan alarm jam tangan/meja milik Anda.

 

Jangan lupa melakukan doa pribadi segera setelah bangun pagi, dan/atau segera sebelum berangkat tidur, untuk memperoleh bimbinganNya dan mengucap syukur atas pertolongan Sahabat Setia, Tuhan Jesus Kristus [Baca: 2Taw 7:14-16].

 

Setiap kali check-in di hotel dimana Anda menginap perhatikanlah koper dan bawaan Anda kepada porter bertugas agar mereka dapat segera membawanya ke kamar Anda; demikian juga saat Anda check-out selesaikanlah bill/faktur atas minuman, makanan, telepon, atau laundry yang masih harus Anda bayar; setelah segera itu, tunjukan koper dan bawaan Anda, untuk segera dimasukan kedalam bus yang akan mengatar kita berziarah.

 

Selama Dokumen (passpor,tiket dll) tidak berada dan di kumpulkan di tour leader Anda wajib mengingatnya dan mengamankannya agar tidak terlupa. Indonesia adalah negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, kehilangan dokumen perjalan akan sangat mengganggu jadwal acara ziarah, karenanya jagalah dokumen Anda dan janganlah terlupakan, terutama di hotel dan restoran. Segera hubungi tour leader Anda jika terjadi sesuatu dengan dokumen Anda.

 

Selalu berusaha membantu sesama peserta, terutama dalam hal memasuki atau berpindah border dari satu negara ke negara lainnya. Menolong dan mendahulukan peserta lanjut usia adalah suatu kewajiban kita bersama.

 

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. [Yoh 15:16]

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

WhatsApp WhatsApp Kami