021-54337888 info@nazarettour.co.id
 

Cara Apply Visa Schengen Perancis Secara Mudah & Online

Nazaret Tour / Informasi  / Cara Apply Visa Schengen Perancis Secara Mudah & Online
5 Jul

Cara Apply Visa Schengen Perancis Secara Mudah & Online

Negara-negara di Eropa memang terkenal dengan pariwisatanya yang cantik nan indah. Di Eropa banyak sekali tempat-tempat romantis yang sering kali dipakai destinasi utama para pasangan muda yang berbulan madu. Kita boleh bilang negara Perancis yang memiliki banyak spot-spot terkenal di dunia seperti, Menara Eiffel, Katedral Notre Dame, Museum Louvre, dan masih banyak lagi. Namun untuk berlibur ke Perancis selain harus membuat paspor, tentunya membutuhkan Visa Schengen yang harus dimiliki sebelum keberangkatan.

Visa sendiri adalah dokumen resmi sebagai tanda ijin masuk ke sebuah negara. Tanpa mengurus Visa Perancis, 100% sangat mustahil untuk masuk ke Negera Perancis. Dalam artikel ini, kami akan membagikan tata cara mengurus Visa Schengen Perancis secara online dan mudah.

Visa Schengen

Sebelum melakukan proses apply visa schengen Perancis, persiapkan dokumen-dokumen berikut ini sebagai syarat pengajuan visa Perancis:

  • Paspor Asli + Fotokopi yang masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kedatangan dan paspor lama jika ada.
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5 = 2 lembar, dengan latar belakang putih, dan hasil cetakan diatas kertas cetak foto, bermutu cetak baik dan jelas penampilannya muka di zoom 70% dan harus kelihatan kuping.
  • Surat sponsor berbahasa inggris di atas kop surat perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja. Jika ada orang lain/anggota keluarga yang ikut bepergian maka dicantumkan nama dan status orang tersebut.
    • Pada Surat Sponsor dicantumkan: Nomor Paspor, Jabatan, dan Gaji Per Bulan
    • Jika jabatan General Manager, Direktur, Presiden Direktur, atau Komisaris harus disertakan fotokopi NPWP dan SIUP.
    • Jika memiliki bisnis sendiri dan tidak ada kop surat perusahaan maka surat diketik diatas kertas putih polos dengan di cap toko dan sertakan fotokopi NPWP dan SIUP.
    • Jika disponsori oleh anak maka lampirkan fotokopi akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
    • Jika disponsori oleh menantu maka lampirkan fotokopi akte nikah anak dan akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
    • Jika status pensiun maka surat diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani sendiri
  • Bukti keuangan 3 bulan terakhir berupa fotokopi rekening koran atau buku tabungan (dari halaman depan yang tercantum nama dan nomor rekening sampai dengan halaman terakhir transaksi) minimal Rp. 50 Juta/orang.
  • Itinerary atau ringkasan perjalanan dari hari ke hari selama di Perancis dan Eropa dalam Bahasa Inggris.
  • Fotokopi Slip Gaji 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Akte Nikah.
  • Jika nama yang tertera dipaspor berbeda maka lampirkan fotokopi Surat Ganti Nama.
  • Jika anak ikut berpergian dan masih sekolah, maka lampirkan :
    • Fotokopi Kartu Pelajar
    • Surat Keterangan Sekolah Asli
    • Fotokopi Akte kelahiran
  • Print out reservasi tiket.
  • Konfirmasi hotel selama perjalanan di Perancis Eropa. Usahakan yang free cancellation in case permohonan visa Anda ditolak.
  • Asuransi perjalanan yang berlaku selama masa tinggal di Eropa dan uang pertanggungan USD 50.000 atau EUR 30.000.
  • Jika ada undangan dari Prancis yang disahkan oleh walikota harus melengkapi fotokopi paspor, CNI dan surat pernyataan dari pengundang.
  • Formulir yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani oleh pemohon. Untuk anak yang belum mempunyai KTP, formulir ditanda tangani oleh kedua orang tuanya.

Setelah selesai mengumpulkan dokumen-dokumen diatas maka persiapkanlah laptop dan cemilan, lakukan step by step penjelasan dibawah ini:

MENGURUS VISA SCHENGEN PERANCIS SECARA ONLINE

Pertama-tama, harap mengunjungi situs web France-Visas di: https://france-visas.gouv.fr/en_US/web/france-visas

Cara Mengurus Visa Perancis

A. DO YOU NEED A VISA? Pada tahap pertama ini, Anda dapat mengecek kelayakan Anda untuk mendapatkan visa. Bila Anda memerlukan visa, Anda akan diberikan daftar dokumen yang diperlukan sesuai dengan situasi Anda dan perjalanan yang telah direncanakan. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi mengenai diri Anda. Tahap A. ini bisa dilewatkan apabila Anda sudah mengetahui bahwa Anda akan memerlukan visa.

B. START YOUR VISA APPLICATION. Di tahap ini, Anda diperlukan untuk membuat akun France-Visas dan melakukan pendaftaran untuk semua pemohon visa.

Mengurus Visa Schengen Perancis

Setelah Anda klik tombol ‘Access’ Anda akan diminta membuat Akun baru. Isilah kolom-kolom yang muncul dengan data yang diminta seperti nama dan email. Setelah proses verifikasi, Anda diminta untuk membuat password dan password reminder berupa pertanyaan rahasia.

Tahapan selanjutnya yaitu isilah data ‘Rencana Perjalanan Anda’ dengan tepat dan akurat. Perhatikan setiap kolom pengisian agar tidak ada sesuatu yang salah.

Cara Mengurus Visa Schengen

Berlanjut ke step berikutnya apabila Anda telah tuntas menyelesaikan pengisian form diatas. Step berikutnya adalah menginformasikan detail Visa Schengen Perancis terakhir (apabila ada). Jika tidak mempunyai visa sebelumnya, silahkan pilih ‘NO’ untuk kedua pertanyaan.

Klik ‘Next’ setelah selesai. Anda akan dihadapkan pada lembar form detail rencana perjalanan sekali lagi. Form bagian ini meliputi informasi negara schengen mana saja yang Anda ingin kunjungi, tanggal datang, tanggal pulang dan lain-lain. Isilah form ini dengan seksama, tanggal datang dan pulang HARUS sesuai dengan jadwal penerbangan pada tiket pesawat Anda.

Informasikan akomodasi, kontak diri anda, dan sumber pendanaan pada form berikutnya. Isilah sesuai dengan informasi yang valid sesuai dengan yang tertulis dalam ‘Surat Sponsor’. Pengisian form dengan informasi yang tidak valid dapat berdampak pada keputusan approval permohonan visa schengen Perancis Anda.

Masih ada tahap selanjutnya, yaitu halaman berikutnya adalah rangkuman dari formulir permohonan yang Anda telah isi. Di halaman ini, Anda dapat memvalidasi formulir permohonan visa Anda atau menambahkan pemohon visa lainnya di dalam grup Anda. Jika tidak ada pemohon lain, maka dapat dilanjutkan ke langkah terkahir dari Permohonan Visa Schengen Perancis ini.

C. SUBMIT YOUR APPLICATION. Pengambilan jadwal temu di situs TLScontact Jakarta.

Pemberitahuan kelengkapan dokumen yang harus dibawa pada saat janji temu.

Di tahap ini, Anda wajib mengambil janji temu dengan cara mendaftarkan diri di situs web TLScontact di https://fr.tlscontact.com/id/JKT/index.php. Anda akan diminta untuk mendaftarkan ulang semua pemohon visa yang sudah terdaftar di dalam akun France-Visas ini. Mohon dipastikan bahwa jumlah, nama dan data semua pemohon visa di France-Visas dan di akun TLScontact adalah sama.

Tahap akhir permohonan visa schengen Perancis secara online ini adalah mencetak formulir permohonan visa dan tanda terima serta dokumen permohonan visa. Pastikan sekali lagi Anda telah membuat janji temu di situs TLScontact Jakarta.

TAHAP PENYERAHAN BERKAS

Mohon datang tepat waktu pada jam janji temu Anda dengan membawa surat konfirmasi janji temu Anda. Apabila Anda telat atau gagal datang pada jam yang diberikan, Anda wajib mengambil janji temu yang baru.

Jangan lupa membawa berkas lengkap yang nantinya diserahkan kepada petugas visa. Setelah selesai verifikasi berkas oleh petugas, Anda diminta melakukan pembayaran biaya visa. Setelah pembayaran, Anda akan diminta untuk maju ke counter pengambilan data biometrik berupa sidik jari dan foto.

Pengecualian biometrik:

  • Anak usia di bawah 12 tahun;
  • Pemohon visa yang sudah mendapatkan visa Schengen dengan tulisan (VIS) dan telah memberikan data biometrik dalam 59 bulan terakhir.

Setelah selesai proses biometrik maka Anda diperbolehkan untuk pulang sambil menunggu kabar visa schengen Perancis Anda jadi.

Sebagai Catatan! Permohonan visa Anda akan dipertimbangkan oleh Otoritas Konsuler. TLScontact tidak mengambil keputusan apapun terkait permohonan visa Anda.

Otoritas Konsuler dapat meminta informasi atau dokumen tambahan. Bila hal ini terjadi, Anda akan dihubungi melalui e-mail dan telepon dengan instruksi yang mendetil.

Pemberitahuan Penting: Untuk melacak proses permohonan visa schengen Anda, Anda dapat mendownload aplikasi TLScontact di smartphone Anda. Aplikasi TLScontact telah tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Silahkan klik pada logo dibawah ini sesuai dengan perangkat Anda untuk mengunduh aplikasi TLScontact.

Google Play App Store
googleplay appstore

FINAL STEP: PENGAMBILAN PASPOR

Apabila pihak konsuler telah selesai memproses permohonan visa Anda, maka paspor Anda akan dikirim kembali ke pihak TLScontact. Anda akan menerima kabar atau notifikasi via SMS atau email bahwa paspor Anda telah berada di kantor TLScontact dan dapat diambil.

Ada 2 (dua) cara dalam pengambilan paspor Anda:

Pengambilan oleh diri sendiri:

  • Application Checklist Anda;
  • Dokumen identitas asli Anda;
  • Fotokopi dokumen identitas Anda.

Pengambilan diwakilkan oleh orang lain:

  • Application Checklist Anda;
  • Fotokopi dokumen identitas Anda;
  • Dokumen identitas asli orang yang mewakilkan Anda;
  • Fotokopi dokumen identitas orang yang mewakilkan Anda;
  • Surat kuasa yang ditandatangani oleh Anda (dengan menyebut secara jelas informasi tentang pihak yang mewakilkan);

Akhir kata, penulis artikel ini berharap permohonan Visa Schengen Perancis Anda akan disetujui oleh Kedutaan yang berwenang, lancar tanpa adanya hambatan. Apabila permohonan visa Anda ditolak, maka jangan berkecil hati, segera revisi apakah ada kesalahan-kesalahan dalam proses input data informasi pada formulir permohonan online atau kurangnya berkas-berkas.

AJUKAN BANDING

Tips jika permohonan visa schengen Perancis Anda ditolak adalah dengan mengajukan banding. Umumnya saat visa Anda ditolak, pihak kedutaan akan memberikan alasan penolakannya. Apabila Anda merasa bahwa alasan penolakannya tidak fair, padahal Anda telah melengkapi berbagai dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan, Anda dapat mengajukan banding. Biasanya Jangka waktu antara surat penolakan dan kesempatan untuk Anda mengajukan banding adalah sekitar 21-60 hari setelah surat penolakan dikeluarkan.

Anda tidak dapat mengajukan banding apabila telah melewati batas masa pengajuan banding. Anda diharuskan membuat pengajuan permohonan visa schengen yang baru.

Proses banding harus diajukan secara tertulis dan menyertakan hal-hal di bawah ini:

  • Nama depan, nama belakang dan tanggal lahir pemohon
  • Tanggal dan nomor surat penolakan
  • Alamat rumah dan email yang jelas
  • Alasan pengajuan banding
  • Menyertakan berkas/dokumen tambahan, apabila terdapat berkas/dokumen lain yang tidak dilampirkan pada saat permohonan
  • Tanda tangan pemohon atau pihak yang diberikan kuasa

Surat banding terhadap penolakan visa Schengen dapat ditulis dalam bahasa Perancis atau Inggris.

ALAMAT KEDUTAAN PERANCIS DI INDONESIA:

  • Jl. M.H. Thamrin No.20, RT.9/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
  • Jam Operasional Kedutaan: Senin – Kamis 08:00 – 17:00 WIB, Jumat 08:00 – 13:00, Sabtu-Minggu LIBUR.

CATATAN UPDATE BERSANGKUTAN DENGAN COVID-19:

Sesuai dengan arahan Kedutaan Besar Perancis, hanya pengajuan visa dengan tujuan di bawah ini yang dapat kami terima hingga pemberitahuan lebih lanjut:

  • Belajar di Perancis (jangka pendek dan panjang)
  • Akan tinggal di Perancis untuk berkerja (jangka panjang)
  • Akan tinggal di Perancis untuk alasan keluarga (jangka panjang)
  • Pemegang dokumen izin tinggal di Perancis (“titre de séjour” atau visa VLS-TS) dengan masa kedaluarsa setelah 15 Juni 2020

Tipe visa lainnya seperti visa untuk berwisata dan private visit tidak bisa diajukan sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut dari Kedutaan Besar Perancis.

Nazaret Tour

PT. Nazaret Citra Mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama Nazaret Tour adalah perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) No. 003/Y.1/31.73.06/-1.858.8/2018. Kami melayani paket wisata ziarah khususnya ke Israel, Timur Tengah, & Eropa.

Stay Safe from COVID-19 #stayhome.